Kamis 03 May 2012 21:41 WIB

Cabang Istimewa NU di Macau Segera Dibentuk

Rep: Indah Wulandari/ Red: Hazliansyah
Nahdlatul Ulama
Nahdlatul Ulama

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCI NU) segera bertambah. Setelah yang terakhir dibentuk di Taiwan, Macau yang menjadi kota berstatus Special Administration Regions di China segera menyusul.

Rencana pembentukan PCI NU di Macau diawali dengan silaturahmi antara Staf Ahli Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Muchammad Nabil Haroen dan Sekretaris Lembaga Dakwah NU H. Nurul Yakin Isqak, dengan sejumlah Buruh Migran Indonesia (BMI) pada 28 April hingga 1 Mei lalu. Silaturahmi tersebut juga dibarengi dengan digelarnya istighotsah dan ceramah keagamaan.

"Alhamdulillah kedatangan kami disambut dengan sangat baik. Kehadiran NU sangat dinantikan oleh rekan-rekan BMI di Macau," ungkap Nabil setibanya kembali di Jakarta, Kamis (3/5).

Nabil juga mengungkapkan, BMI di Macau menantikan kehadiran NU tidak semata untuk urusan keagamaan, namun juga administrasi masalah perburuhan yang selama ini tidak tertangani dengan baik. Kondisi ini terjadi karena Indonesia hingga saat ini belum memiliki Konsulat Jendral (Konjen) di Macau.

"Di Macau hanya ada semacam pos yang dibentuk oleh KJRI Hongkong. Kehadiran NU sangat dinantikan tidak hanya untuk urusan dakwah, tapi juga untuk memberikan kemudahan-kemudahan lain untuk rekan-rekan BMI," tambahnya.

Rencana pembentukan PCI NU di Macau juga sudah disampaikan ke KJRI Hongkong pada tanggal 30 April dan mendapatkan sambutan positif. Bahkan realisasinya diminta dapat dilakukan sesegera mungkin.

"Kami juga sempat bersilaturahmi ke KJRI Hongkong untuk menyampaikan rencana pembentukan PCI dan Alhamdulillah disambut baik. Bahkan mereka meminta segara dilakukan MoU," tuntas Nabil.

Ketua Umum PBNU KH. Said Aqil Siroj mendukung dibentuknya PCI NU di Macau. Tidak hanya untuk masalah keagamaan, keberadaan PCI nantinya diharapkan juga bisa membantu memecahkan permasalahan lain yang dihadapi BMI.

"Ini luar biasa. Di sana belum ada perwakilan negara, tapi sudah akan ada perwakilan NU. Tidak hanya masalah keagamaan, saya harapkan PCI bisa berbuat lebih di sana," tegas Kiai Said.

Untuk merealisasikan segera terbentuknya PCI NU di Macau, Kiai Said dan sejumlah pengurus PBNU lainnya direncanakan datang ke Macau pada Juni mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement