Senin 07 May 2012 14:59 WIB

Marzuki Alie: Pejabat Negara tak Usah Pakai Senjata Api

Rep: M Akbar/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Senjata api sitaan (ilustrasi)
Foto: Antara/Nyoman Budhiana
Senjata api sitaan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -  Maraknya peredaran senjata api ilegal mendapat respons dari Ketua DPR RI, Marzuki Alie. Ia meminta pejabat negara untuk tidak bersikap latah menggunakan senjata api.

''Saya pikir pejabat negara ngak usah pegang-pegang senjata-lah. Kita itu bukan ahlinya. Nanti malah jadi salah tembak,'' kata Marzuki saat ditemui wartawan di kampus Universitas Indonesia (UI), Jakarta, Senin (7/5).

Permintaan politisi Partai Demokrat ini sebagai bentuk kongkret demi mengurangi menjamurnya peredaran senjata api ilegal. Kepemilikan senjata api yang bukan pada sosok sesuai, kata Marzuki, sangat  rawan memicu kejahatan. ''Untuk itulah harus ditindak,'' ujarnya.

Upaya penindakan ini, kata Marzuki, ada di tangan pihak kepolisian. Ia meminta agar pihak kepolisian bisa memperketat pemberian izin untuk seseorang memiliki senjata api. ''Ini tergantung dari kepolisian. Saya kira (izin senjata api) ini perlu diperketat saja agar peredaran senjata api ilegal bisa semakin berkurang,'' katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement