Kamis 24 May 2012 18:20 WIB

Polda Tetap Siapkan Pengamanan Konser Lady Gaga

Rep: Asep Wijaya/ Red: Dewi Mardiani
Kombes Pol Rikwanto
Foto: Antara/Reno Esnir
Kombes Pol Rikwanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya telah mempertegas sikapnya untuk tidak memberikan rekomendasi atas penyelenggaraan konser Lady Gaga di Jakarta. Namun demikian, persiapan pasukan pengamanan konser tetap dilakukan guna mengantisipasi potensi perizinan yang dikeluarkan dari Mabes Polri.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto, menjelaskan, Kapolda tetap bersikukuh untuk tidak memberikan rekomendasi atas pelaksanaan konser "Mother Monster". Akan tetapi, ungkap dia, Kapolda juga memperkenankan penyelenggara konser untuk melengkapi persyaratan formal yang ditentukan Mabes Polri.

Persyaratan tersebut, ujar Rikwanto, akan menjadi pertimbangan untuk penerbitan surat rekomendasi dari Polda Metro Jaya. Selain tentunya, ungkap dia, kelengkapan persyaratan non formal seperti kepantasan budaya, susila dan hukum yang dipertunjukkan Lady Gaga kepada calon penonton yang akan menyaksikan atraksi panggung penyanyi asal Amerika Serikat itu.

Sejauh ini, ujar Rikwanto, penyelenggara Big Daddy Entertainment baru melengkapi dua persyaratan yang diperlukan. Keduanya, sebut dia, adalah surat rekomendasi dari Departemen Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Departemen Imigrasi untuk penerbitan visa. Sisanya, ungkap Rikwanto, adalah izin temporer dari Dinas Pariwisata DKI Jakarta, Departemen Tenaga Kerja terkait izin kerja di Indonesia, rekomendasi Polda Metro Jaya, dan izin keramaian dari Mabes Polri.

"Saat ini, kita tinggal menunggu profesionalisme mereka dalam pemenuhan persyaratan tersebut," ungkap Rikwanto di Mapolda Metro Jaya. Terkait persiapan pengamanan konser, dia mengatakan, bakal dikerahkan sekitar 2-4 ribu personel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement