Kamis 31 May 2012 05:54 WIB

Menyusul Yunani, Ekonomi Negara Ini Sangat Mengkhawatirkan

Red: Endah Hapsari
Bendera Belgia/ilustrasi
Foto: flagsonline.it
Bendera Belgia/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Komisi Eropa menyatakan, bertambahnya anggaran pekerjaan dan minimnya kenaikan suku bunga sangat mengkhawatirkan kondisi Belgia. Komisi Eropa juga menekankan penanganan masalah ini.

 

Komisi Eropa di laporan terbarunya terkait kondisi Belgia menyatakan, produk berteknologi rendah hingga menengah merupakan poros ekonomi Belgia dan dari sisi harga mampu bersaing dengan produk lain. Oleh karena itu, laju suku bunga Belgia dibanding dengan rival-rivalnya cukup sedikit. Demikian dilaporkan Reuters dari Brussel Rabu (30/5).

Komisi Eropa menambahkan, meski mereka telah mengusulkan kepada pemerintah Belgia di tahun 2011 untuk merombak sistem gaji di negara ini, Belgia ternyata tidak mengalami kemajuan di bidang ini.

Belgia adalah salah satu negara dengan sistem gaji sesuai dengan inflasi tahunan yang terjadi di negara ini. Gaji pegawai di negara ini sejak tahun 1999 bertepatan dengan bergabungnya Belgia ke Zona Euro mengalami kenaikan sebanyak dua kali.

Di laporan Komisi Eropa juga disebutkan, mengingat minimnya laju suku bunga, mahalnya anggaran pekerjaan, mekanisme pembayaran gaji serta penentuan indek ekonomi maka disimpulkan bahwa kemampuan ekonomi Belgia untuk bersaing sangat mengkhawatirkan.

Komisi Eropa juga memprediksikan bahwa laju ekonomi Belgia di tahun 2012 akan turun. Komisi ini menyatakan, reformasi ekonomi sangat perlu guna mempertahankan pembayaran gaji pegawai untuk jangka waktu lama serta membantu asuransi pengangguran. 

 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement