Senin 04 Jun 2012 18:56 WIB

Sekjen Kemenkeu: Gaji Saya tak Sebesar PM Inggris

Rep: Fitria Andayani/ Red: Hafidz Muftisany
Menkeu Agus Martowardojo
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Menkeu Agus Martowardojo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan, Kiagus Ahmad Badaruddin mengaku penghasilanya tak setinggi gaji PM Inggris yang bisa mencapai di atas Rp 2 miliar dalam setahun. Menurutnya, total gaji pegawai Kemenkeu eselon 1 hanya sekitar Rp 600 juta per tahun.

"Tidak sebesar itu," ujarnya, Senin (4/6) di DPR. Menurutnya, hal tersebut bisa dicek dari daftar gaji masing-masing pejabat Kemenkeu. "Daftar gaji kita kan sudah jelas. Total gaji eselon satu 600 juta kali ya setahun," katanya.

Sementara bila digabung dengan tunjangan gaji sebagai komisaris, penghasilan eselon satu menurutnya, tidak sampai Rp 2,3 miliar. "Saya tidaktahu bagaimana cara hitungnya. Tapi tidak akan sampai sebesar itu," katanya. Dia pun mengaku, gajinya bahkan tidak sampai Rp 1 miliar. "Tidak sampai segitu," katanya.

Sebelumnya pengamat ekonomi, Dradjat Wibowo menyatakan ada fakta cukup mengagetkan mengenai penghasilan beberapa pejabat eselon 1 Kemenkeu.  “Jika dirata-rata penghasilan sebagian pejabat eselon 1 Kemenkeu ternyata kira-kira setara atau bahkan bisa lebih besar dari penghasilan PM Inggris David Cameron,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement