Rabu 06 Jun 2012 05:36 WIB

Tampil di PRJ, Musisi Wajib Nyanyi Lagu Nasional

Rep: Ira Sasmita/ Red: Endah Hapsari
Pekan Raya Jakarta
Pekan Raya Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Band dan penyanyi yang akan tampil pada konser musik Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2012 diwajibkan menyanyikan lagu nasional. Konser musik bertajuk “JIEXPO Music Concert” ini akan digelar mulai 14 Juni hingga 15 Juli 2012.

“Sebanyak 260 band yang tampil diwajibkan untuk menyuguhkan lagu atau nuansa nasional pada pertunjukan mereka. Ini merupakan salah satu upaya untuk mempopulerkan kembali lagu-lagu nasional Indonesia, terutama pada generasi muda,“ kata General Manager Operasional Pekan Raya Jakarta, Okie Setiawan.

Selain menampilkan musisi papan atas Indonesia seperti Agnes Monica, Slank, God Bless, dan Iwan Fals, puluhan musisi independen atau indie turut dilibatkan. Musisi indie tersebut dipilih melalui tahapan seleksi yang cukup ketat, sehingga layak menjadi band pembuka artis utama yang akan tampil di PRJ 2012.

Kewajiban membawakan lagu nasional disambut baik oleh Achmad Albar, vokalis grup band legendaris, God Bless. Ia menilai ide tersebut merupakan langkah yang sangat bagus, mengingat banyak generasi muda yang tidak familiar dengan lagu-lagu nasional bangsa sendiri.