Senin 11 Jun 2012 06:09 WIB

Kohl-Rabin Awali Kesepakatan Kapal Selam Israel

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Kapal Selam kelas Dolphin milik Israel
Foto: Wikimedia Commons
Kapal Selam kelas Dolphin milik Israel

REPUBLIKA.CO.ID, Dua sosok yang berpengaruh melontarkan Israel dalam lingkaran kekuatan kapal selam modern ialah Helmut Kohl dan Yitzhak Rabin. Ayah Rabin ikut berperang dalam Perang Dunia II sebagai relawan dalam Legiun Yahudi di pasukan Inggris.

Rabin sendiri memimpin tentara Israel menuju kemenangan, sebagai komandan pasukan gabungan, Pertempuran Enam Hari 1967. Pada 1984, ia kembali masuk kabinet sebagai menteri pertahanan, setelah sebelumnya ia menjadi perdana menteri pada pertengahan 1960-an.

Rabin paham, bahwa pemerintah Jerman di Bonn baru saja mengesahkan 'prinsip politik baru' dalam ekspor senjata, tepatnya 1982. Menurut kebijakan baru itu, penjualan senjata tidak 'boleh berkontribusi dalam peningkatan ketegangan yang telah ada.

Pasal karet itu akhirnya memungkinan pengiriman kapal selam Jerman ke Israel, ditambah kombinasi pernyataan terkenal yang dibuat oleh mantan Menteri Luar Negeri, Hans-Dietrich Genscher. "Apa pun yang mengapung, OK". Alasannya karena pemerintah umumnya tak menggunakan kapal perang untuk menindas demonstrasi atau pasukan oposisi.