Sabtu 16 Jun 2012 19:50 WIB

Inilah Universitas Islam Tertua di Dunia

Red: Heri Ruslan
Seorang warga Mesir berjalan di lorong Masjid Imam Husein yang terletak bersebelahan dengan Masjid Al-Azhar di Kairo.
Foto: AP
Seorang warga Mesir berjalan di lorong Masjid Imam Husein yang terletak bersebelahan dengan Masjid Al-Azhar di Kairo.

REPUBLIKA.CO.ID,Pada abad pertengahan, peradaban Islam tampil sebagai pelopor dalam ilmu pengetahuan. Sejarah mencatat, para ilmuwan Muslim kala itu sukses membidani lahirnya lembaga pendidikan tinggi bernama universitas ( jami’ah).

Ketika “rahim” peradaban Islam melahir kan universitas, tak ada satu pun peradaban di muka bumi yang mengenal sistem pendidikan tinggi. Eropa, misalnya, baru mengikutinya kira-kira dua abad setelah itu.

Universitas pertama yang lahir dari peradaban Islam adalah Universitas Al-Qarawiyyin ( Jami’ahAl- Qarawiyyin). Perguruan tinggi yang berada di Kota Fez, Maroko, itu didirikan pada 859 M. Tak heran jika Guinness Book of World Records pada 1998 menempatkan Universitas Al-Qarawiyyin sebagai perguruan tinggi tertua dan pertama di seantero jagad yang menawarkan gelar kesarjanaan.

Selain universitas ini, ada beberapa universitas tua lain yang lahir dari peradaban Islam, di antaranya Universitas Al-Azhar di Mesir, Universitas Sankore di Timbuktu, Mali, dan Universitas Nizzamiya di Persia.