Ahad 17 Jun 2012 20:38 WIB

Ini Dia 'Master Chef' Tingkat SD

Red: Djibril Muhammad
Ilustrasi chef cilik
Foto: Aditya Pradana Putra/Republika
Ilustrasi chef cilik

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG - Risna Yanti, pelajar kelas enam SD Negeri Cobling VI Kota Bandung menjadi juara memasak tingkat pelajar Zespri School Competition 2012 yang digelar di Bandung, Ahad (17/6).

Risna yang menciptakan resep masakan Cumi Sosis Kiwi itu mengumpulkan nilai tertinggi 1595 menyisihkan pesaing terdekatnya Ivanka dari SDN Coblong dengan masakannya Onde Kiwi. "Senang bisa memenangkan lomba ini, saya memang senang memasak dan mencoba resep baru," kata Rina Yanti.

Puluhan peserta memasak tingkat SD itu digelar di sebuah pusat perbelanjaan di kawasan Bandung Timur. Para pelajar yang sebagian besar anak putri itu tampak sangat percaya diri menciptakan resep masakan dengan menyertakan buah kiwi itu.

Buah yang mengikat protein dan bisa melunakan daging-dagingan itu menjadi salah satu bahan yang dimasak oleh para siswa itu. "Resep yang tercipta di sini bermacam-macam dan mereka sangat percaya diri. Kreatifitas memasak mereka cukup tinggi," kata artis Olga Lidya yang menjadi juri para kontes memasak itu.

Kegiatan yang digelar juga untuk memperkenalkan dan meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai buah kiwi sebagai buah bernutrisi tinggi juga untuk mendorong kreatifitas siswa.

"Kebetulan siwa kelas VI SD kan baru lulus sekolah, kegiatan ini sekaligus sebagai pengisi kegiatan mereka. Animonya cukup tinggi," kata Olga.

Selain di Bandung, kegiatan serupa juga digelar di sejumlah titik di Jakarta dan Bekasi. Olga menyebutkan, dalam penilaiannya, para juri tidak hanya melihat kreatifitas resep, namun juga menjaga keseimbangan nutrisi untuk mengkonsumsi dari resep makanan yang dibuat oleh peserta.

"Anak-anak diajarkan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang, termasuk membiasakan diri mengkonsumi buah," kata Olga Lidya menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement