Senin 18 Jun 2012 14:36 WIB

Demi Elektabilitas, Anas Minta SBY Tingkatkan Kinerja

Rep: Mansyur Faqih/ Red: Dewi Mardiani
SBY dan Anas Urbaningrum
SBY dan Anas Urbaningrum

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum, mengatakan masih ada waktu dan kesempatan untuk mengangkat kembali angka elektabilitas partai. Karenanya, saat ini yang penting melakukan kerja politik dan banyak melakukan kegiatan yang bermanfaat untuk rakyat. Pihaknya juga meminta Ketua Dewan Pembina Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meningkatkan kinerja pemerintahan untuk menaikkan kepuasan rakyat.

''Survei selalu kami jadikan bahan evaluasi. Meskipun hasil survei jelas bukan hasil pemilu. Jika diassumsikan penurunan itu benar, konsentrasi partai adalah kerja keras untuk kembali menaikkan angka elektabilitas,'' katanya melalui pesan singkat, Senin (18/6).

Sebelumnya, Lingkaran Survei Indonesia (LSI), mengumumkan tren penurunan elektabilitas Partai Demokrat. Di awal 2012, partai pemenang pemilu itu mendapatkan tingkat elektabilitas 20,5? persen. Kemudian turun pada Juni 2011 menjadi 15,5 persen. Lalu naik satu persen menjadi 16,5 persen pada Oktober 2011 dan turun jauh menjadi 13,7 persen pada Januari tahun ini. Terakhir menjadi 11,3 persen pada Juni 2012.

Menurutnya, cara untuk meningkatkan elektabilitas yaitu memastikan pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang juga ketua dewan pembina Demokrat untuk terus meningkatkan kinerja. Sehingga, bisa menaikkan tingkat kepuasan rakyat. ''Kepuasan publik yang memadai atas kinerja pemerintah adalah basis utama keberhasilan partai pemerintah,'' papar mantan ketua PB HMI tersebut.

Tak hanya itu, ia juga meminta agar kader terus meningkatkan prestasinya di dalam kompetisi politik lokal, yaitu pemilukada. ''Makin banyak kader Demokrat berhasil di dalam pemilukada, basis dan jaringan politik di daerah akan makin kokoh. Jadi, jika hasil survei turun, kami harus makin rajin bekerja,'' lanjut Anas.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اِنَّ رَبَّكُمُ اللّٰهُ الَّذِيْ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ فِيْ سِتَّةِ اَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوٰى عَلَى الْعَرْشِۗ يُغْشِى الَّيْلَ النَّهَارَ يَطْلُبُهٗ حَثِيْثًاۙ وَّالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ وَالنُّجُوْمَ مُسَخَّرٰتٍۢ بِاَمْرِهٖٓ ۙاَلَا لَهُ الْخَلْقُ وَالْاَمْرُۗ تَبٰرَكَ اللّٰهُ رَبُّ الْعٰلَمِيْنَ
Sungguh, Tuhanmu (adalah) Allah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas ‘Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat. (Dia ciptakan) matahari, bulan dan bintang-bintang tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah! Segala penciptaan dan urusan menjadi hak-Nya. Mahasuci Allah, Tuhan seluruh alam.

(QS. Al-A'raf ayat 54)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement