Senin 02 Jul 2012 18:56 WIB

Ini Dia Lima Calon Nama Bandara Internasional Kuala Namu

Rep: Nian Poloan/ Red: Hafidz Muftisany
Pekerja menyelesaikan konstruksi Bandara Kuala Namu Deli Serdang Sumatra Utara
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Pekerja menyelesaikan konstruksi Bandara Kuala Namu Deli Serdang Sumatra Utara

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN –  PT Angkasa Pura sedang menyiapkan lima nama baru untuk untuk Bandara internasional di Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara. Bandara yang dipersiapkan untuk menyaingi Bandara internasional Changi, Singapura ini semeblumnya bernama Bandara Polonia Medan.

Sekretaris Daerah Sumut Nurdin Lubis menyebutkan, lima nama yang secara resmi masuk ke Tim Inventarisasi Usulan Nama Bandar Udara di Kualanamu itu, merupakan usulan dari berbagai kalangan.

Kelima usulan nama itu masing-masing Bandara Sultan Serdang, Bandara Kualanamu, Bandara Raja Sisingamangaraja XII, Bandara Haji Adam Malik, dan Bandara Tengku Amir Hamzah.

"Lima nama ini berkas usulannya resmi sudah ada pada tim kecuali nama Tengku Amir Hamzah yang berupa tembusan surat di mana berkas aslinya di Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub RI di Jakarta," kata Nurdin kepada wartawan di Medan

 

Dijelaskan, ketentuan yang diatur oleh Menhub bahwa nama bandara diusulkan Pemprov Sumut dengan persetujuan DPRD Sumut untuk diputuskan atau ditetapkan Menteri Perhubungan.

"Enam bulan sebelum operasional nama itu sudah harus ditetapkan. Bandara ini dijadwalkan operasional bulan Maret 2013 sehingga bulan September ini mesti disosialisasikan ke dunia internasional," jelasnya.

Kini Bandara Kuala Namu masih dalam tahap penyelesaian, utamanya untuk run way yang masih terkendala pembangunannya karena ada tanah yang belum terbebaskan.

Sebagaimana dinyatakan pihak Angkasa Pura, Bandara Kuala Namu rencananya akan dioperasikan pada Maret 2013 mendatang.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement