Senin 16 Jul 2012 10:17 WIB

Ini Dia Empat Tokoh Idola Habibie

Rep: Adi Wicaksono/ Red: Hafidz Muftisany
Mantan Presiden BJ Habibie dan istrinya mendiang Ainun
Mantan Presiden BJ Habibie dan istrinya mendiang Ainun

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai seorang ilmuwan tersohor sekaligus negarawan, Bacharuddin Jusuf Habibie, tidak hanya dikenal dan diidolakan di dalam negeri namun juga di dunia internasional. Tapi siapa sangka, Presiden ketiga Indonesia itu justru punya empat orang idola yang semuanya asli Indonesia.

Siapakah empat idola ilmuwan yang dijuluki 'Mr. Crack' di dunia Barat itu? Tokoh idolanya yang pertama adalah sang proklamator, Bung Karno. "Karena Bung Karno lah yang menanamkan rasa nasionalisme ke dalam hati seluruh rakyat Indonesia," kata dia di sela acara tasyakur pembuatan film "Habibie dan Ainun" di Jakarta.

Tokoh idolanya yang kedua adalah Presiden Indonesia kedua, Soeharto. Menurut dia, Pak Harto telah sukses menunjukkan kepemimpinan dengan tidak meninggalkan budaya leluhur, terutama budaya Jawa.

"Tidak mungkin memimpin negeri ini dengan mengesampingkan budaya Jawa. Karena, sebagian besar penduduk Indonesia dari Jawa," imbuh mantan ketua umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) itu.