Selasa 17 Jul 2012 07:00 WIB

RSUD Pasar Rebo akan Gratiskan Layanan Cuci Darah

Rep: Ira Sasmita/ Red: Hazliansyah
Pasien Cuci Darah
Foto: Musiron/Republika
Pasien Cuci Darah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasar Rebo, Jakarta Timur, akan memberikan layanan cuci darah (haemodialisa) gratis bagi warga pemegang kartu Keluarga Miskin (Gakin). Akan dilakukan juga penambahan mesin haemodialisa sebanyak 15 unit.

Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, mengatakan, penambahan mesin cuci darah tersebut ditujukan untuk meningkatkan pelayanan pasien. Setelah ditambah, RSUD Pasar Rebo, kata dia, akan memiliki 20 mesin haemodialisa sehingga warga yang membutuhkan layanan cuci darah bisa tertangani dengan maksimal.

Selain itu, RSUD Pasar Rebo juga akan meningkatkan jumlah tempat tidur rawat inap kelas 3. Kemudian penambahan tempat tidur di Unit Gawat Darurat (UGD), dan perencanaan pembangunan Critical Caret Unit (CCU) seperti yang telah dibangun di RSUD Tarakan, Jakarta Pusat.

“Secara bertahap akan dilakukan di semua RSUD. Fasilitas cuci darah dan tempat tidur akan diperbanyak, sehingga bisa melayani warga Jakarta lebih banyak lagi,” ujarnya, Senin (16/7).