Sabtu 21 Jul 2012 07:06 WIB

Awal Puasa, Para Pedagang Ini Justru Menderita, Mengapa?

Rep: S Bowo Pribadi/ Red: Endah Hapsari
Kebakaran pasar/ilustrasi
Kebakaran pasar/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, UNGARAN--Ratusan pedagang pasar Projo, Ambarawa, Kabupaten Semarang mengawali awal Ramadhan dengan duka. Ini lantaran mereka harus kehilangan lapak dan kios mereka, menyusul musibah kebakaran yang menghanguskan hampir sebagian besar pasar ini, Jumat (20/7) malam, sekitar pukul 22.00 WIB.

Kebakaran diduga berasal dari los penjualan bumbu dapur, di bagian belakang pasar yang berada di jalur utama Bawen- Magelang ini. Belumm diketahui adanya korban jiwa dalam musibah ini, namun kerugian materi mencapai ratusan juta rupiah.

Dewi (24),saksi mata di lokasi mengatakan, api pertama kali muncul sekitar pukul 22.00 WIB dari salah satu los bagian belakang pasar. Belum sempat dilakukan pemadaman api terus membesar dan melahap los bagian tengah.

Melihat api kian membesar, para pedagang dan pemilik kios di bagian depan pasar pun mulai panik dan berupaya menyelamatkan dagangan mereka dan barang berharga lainnya. "Pada saat yang sama api terus membesar dan mulai melahap hampir seluruh bagian pasar," ujarnya.