Selasa 24 Jul 2012 14:24 WIB

Sosok H. Engkus Dimata Teh Ninih

Rep: Ghalih Huriarto/ Red: Hafidz Muftisany
Aa Gym dan Teh Ninih
Foto: Republika
Aa Gym dan Teh Ninih

REPUBLIKA.CO.ID, CIAMIS -- Wafatnya Ayahanda Aa Gym, H Engkus memberikan ingatan dan kesan mendalam bagi para keluarga dan kerabat yang ditinggalkan. Istri Aa Gym, Teh Ninih menilai sosok Apa (panggilan akrab H Engkus) adalah orang yang disiplin, namun santun.

"Karena beliau tentara, beliau disiplin dan aktif, namun dibalik itu beliau juga santun. Dalam bertutur beliau santun dan hidup sederhana. Banyak sekali kelebihan beliau yang bisa dicontoh oleh anak cucunya," ujarnya kepada Republika, usai melaksanakan pemakaman di Cimaragas, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa (24/7).

Teh Ninih mengatakan, Almarhum Apa adalah sosok yang bisa menjadi panutan di keluarga. Beliau juga selalu mengajarkan kepada anak cucunya untuk hidup dalam kesederhanaan dan kedisiplinan.

Selain itu, tambah Teh Ninih, beliau juga sering bercerita hikmah kepada anak cucunya. "Kalau tausyiah mungkin beliau bukan ahlinya, tetapi beliau sering bercerita hikmah kepada anak cucunya. Baik cerita tentang hidup dalam kesederhanaan, maupun cerita tentang kesuksesan," kata dia.

Teh Ninih pun mengungkapkan bahwa Apa adalah ayah yang penyayang dan perhatian. "Semuanya dekat, beliau tidak membeda-bedakan, semua disayang dan diperhatikan satu-persatu apa yang disukai anak cucunya. Menantu-menantunya juga tidak ada yang dibeda-bedakan," ujar Teh Ninih.

Wafatnya Apa membuat Teh Ninih merasa kehilangan, namun dirinya tetap tabah. "Yang jelas kehilangan, tapi ini memang jalan dari Allah, berpisah di dunia mudah-mudahan bersama di akhirat," ungkapnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement