Kamis 26 Jul 2012 11:48 WIB

Dialog Satu-satunya Solusi Palestina-Israel

Red: Yudha Manggala P Putra
Israel Palestina
Israel Palestina

REPUBLIKA.CO.ID, PBB, NEW YORK - Cina, Rabu (25/7), menyatakan di Markas PBB, New York, bahwa dialog dan perundingan adalah satu-satunya jalan guna menyelesaikan masalah Palestina-Israel, dan menyerukan segera dilanjutkannya pembicaraan perdamaian antara kedua pihak.

"Masalah Palestina-Israel merupakan inti proses perdamaian Timur Tengah," kata Wakil Utusan Tetap Cina di PBB, Wang Min dalam debat terbuka di Dewan Keamanan mengenai Timur Tengah. "Dialog dan perundingan adalah satu-satunya cara menuju penyelesaian masalah Palestina-Israel."

"Cina berpegang pada penyelesaian sengketa Palestina dan Israel melalui saluran politik dan diplomatik dengan dasar resolusi PBB yang relevan, prinsip pertukaran tanah-bagi-perdamaian, Gagasan Perdamaian Arab dan peta jalan perdamaian bagi Timur Tengah. Tujuannya ialah untuk mendirikan negara Palestina dengan kemerdekaan dan kedaulatan penuh, dan dua negara --Palestina dan Israel-- hidup berdampingan dalam kedamaian," kata Wang.

Cina menyambut baik dan mendukung semua tindakan yang dapat membantu menembus kebuntuan dalam pembicaraan perdamaian Palestina-Israel dan mendorong dialog baru antara kedua pihak, kata Wang.