Selasa 31 Jul 2012 19:17 WIB

Anak Rano Karno Dinyatakan Alami Gangguan Jiwa

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Anak angkat Wakil Gubernur Banten Rano Karno, Raka Widyarma, menjalani sidang perdana dengan agenda pembacaan dakwaan di Pengadilan Negeri Tangerang, Banten, Selasa (3/7)
Foto: Antara
Anak angkat Wakil Gubernur Banten Rano Karno, Raka Widyarma, menjalani sidang perdana dengan agenda pembacaan dakwaan di Pengadilan Negeri Tangerang, Banten, Selasa (3/7)

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG - Erwin Kusuma yang merupakan dokter spesialis jiwa mengungkapkan bila Raka Widyarma, anak angkat Wakil Gubernur Banten Rano Karno, mengalami gangguan jiwa.

"Dari hasil pemeriksaan, Raka menderita sakit bipolar atau seseorang yang memiliki kejiwaan tidak stabil seperti marah dan sedih," kata Erwin Kusuma saat memberikan kesaksian di PN Tangerang dalam kasus kepemilikan lima butir ekstasi yang melibatkan Raka dan Karina Aditya, Selasa.

Dikatakan Erwin, penyakit Bipolar muncul karena disebabkan adanya perbuatan kasar yang dialami Raka sejak dari kecil. Bahkan, penyakit tersebut pun muncul karena pengaruh ejekan yang dialami Raka dari teman - temannya.

"Raka pernah melakukan pemeriksaan dan berobat pada tahun 2010 kepada saya. Hasilnya, Raka menderita sakit Bipolar," katanya. Dari hasil pemeriksaan tersebut, Erwin kemudian memberikan obat dan therapy kepada Raka. Namun, pengobatan yang dilakukan Raka hanya berlangsung selama tiga kali.

"Raka kemudian tidak berobat lagi meskipun saya menganjurkannya untuk terus secara intensif melakukan pemeriksaan dan therapy," katanya.

Staff Deputi Bidang Rehabilitasi BNN, dr Sitti Jeus Kadara mengatakan, bila Raka pernah mengutarakan bila dirinya kerap kali diejek oleh rekan - rekannya karena menjadi anak angkat Rano Karno. "Permasalahan itu yang menyebabkan Raka emosi dan menimbulkan sakit Bipolar," katanya.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَلَا تَكُوْنُوْا كَالَّتِيْ نَقَضَتْ غَزْلَهَا مِنْۢ بَعْدِ قُوَّةٍ اَنْكَاثًاۗ تَتَّخِذُوْنَ اَيْمَانَكُمْ دَخَلًا ۢ بَيْنَكُمْ اَنْ تَكُوْنَ اُمَّةٌ هِيَ اَرْبٰى مِنْ اُمَّةٍ ۗاِنَّمَا يَبْلُوْكُمُ اللّٰهُ بِهٖۗ وَلَيُبَيِّنَنَّ لَكُمْ يَوْمَ الْقِيٰمَةِ مَا كُنْتُمْ فِيْهِ تَخْتَلِفُوْنَ
Dan janganlah kamu seperti seorang perempuan yang menguraikan benangnya yang sudah dipintal dengan kuat, menjadi cerai berai kembali. Kamu menjadikan sumpah (perjanjian)mu sebagai alat penipu di antaramu, disebabkan adanya satu golongan yang lebih banyak jumlahnya dari golongan yang lain. Allah hanya menguji kamu dengan hal itu, dan pasti pada hari Kiamat akan dijelaskan-Nya kepadamu apa yang dahulu kamu perselisihkan itu.

(QS. An-Nahl ayat 92)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement