Kamis 09 Aug 2012 11:11 WIB

Mobil Listrik Pindad Ikut 'Mejeng' di RITech Expo 2012

Red: Hazliansyah
Mobil listrik
Foto: Antara
Mobil listrik

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- PT Pindad menampilkan mobil listriknya di ajang "RITech Expo 2012" 8-11 Agustus 2012 di Sasana Budaya Ganesha, Bandung. Di ajang itu, mobil  listrik yang diberi nama Piev (Pindad Electronic Vehicle) cukup banyak menarik perhatian pengunjung.

Menurut staf Product Development PT Pindad, Firmansyah, dibanding mobil-mobil listrik lainnya yang dipajang di pameran itu, Piev yang baru dikeluarkan pada 2012 ini memiliki kelebihan yakni motor listriknya dibuat sendiri oleh Pindad, termasuk baterenya buatan dalam negeri sehingga 95 persen mobil ini buatan dalam negeri.

Perbedaan mendasar antara mobil listrik dan mobil konvensional (BBM) terletak pada sistem penggeraknya yang konsepnya 100 persen berbeda, jika mobil konvensional menggunakan engine, maka mobil listrik menggunakan motor listrik, namun motor listrik selama ini masih diimpor.

"Tapi ini kami buat sendiri. Dimensi motor listriknya hanya 60mm lebarnya dan 200mm diameternya, yang beratnya hanya 18 km, cukup kecil, tapi dayanya besar sampai 25 ribu Watt (25 kW). Bandingkan dengan pompa air listrik di rumah yang dayanya cuma 125-500 Watt tapi secara fisik besar," kata Firmansyah.