Senin 13 Aug 2012 16:48 WIB

Demokrat Apresiasi Pengunduran Diri Hartati Murdaya

Rep: esti maharani/ Red: Taufik Rachman
Hartati Murdaya
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Hartati Murdaya

REPUBLIKA.CO.ID  JAKARTA – Partai Demokrat mengapresiasi keputusan Hartati Murdaya untuk mundur sebagai anggota Dewan Pembina Partai Demokrat.

Sekretaris Dewan Kehormatan, Tb Silalahi mengatakan Hartati telah menghadapnya dan mengemukakan niatan tersebut. “Begitu dia tersangka, pada sabtu lalu dia menghadap saya dan dia menyatakan mengundurkan diri sebagai anggota Dewan Pembina. Jadi, itu jarang (terjadi),” katanya saat ditemui usai menerima tanda jasa Bintang Budaya Parama Dharma dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Merdeka, Senin (13/8).

Menurutnya, pengunduran diri tersebut merupakan permulaan yang baik untuk partai bahwa ada kader yang secara sadar mengundurkan diri saat tersangkut kasus hukum. Ia mengharapkan agar kader lain bisa meniru langkah Hartati untuk secara sukarela mengundurkan diri tanpa desakan dari Dewan Kehormatan Partai Demokrat.

Ia menegaskan pengunduran diri tersebut sudah sesuai dengan AD/ART dan kode etik Partai Demokrat. Secara internal pun, Dewan Kehormatan Partai Demokrat telah merapatkan dan memutuskan status dari Hartati. “Telah memberhentikan sementara ibu Hartati dari Anggota Dewan Pembina. Keputusan itu sudah final,” katanya.