Arus Lalu Lintas Gerbang Tol Cikampek Padat

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

Rabu 15 Aug 2012 21:56 WIB

Puluhan ribu kendaraan melintas di tol cikampek menuju pintu keluar tol cikampek,Cikampek, Rabu (15/8). Foto: Agung Fatma Putra Puluhan ribu kendaraan melintas di tol cikampek menuju pintu keluar tol cikampek,Cikampek, Rabu (15/8).

REPUBLIKA.CO.ID, PURAWAKARTA -- Arus lalu lintas di sekitar depan gerbang Tol Cikampek, Cikopo, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, yang mengarah ke jalur Pantura wilayah Kabupaten Karawang, pada H-4 lebaran atau Rabu (15/8)  sore cukup padat.

"Sekarang sudah terasa memuncak arus mudik lebaran tahun ini dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya, sehingga pada sore ini arus lalu lintas di sekitar depan gerbang Tol Cikampek sangat padat," kata Kabag Ops Polres Purwakarta, Kompol Ridwan Efendi, di Karawang, Rabu.

Ia mengataka pada H-4 lebaran ini kendaraan yang meliwati gerbang Tol Cikampek menuju jalur Pantura melintasi Simpang Jomin didominasi kendaraan pribadi. Kemungkinan, kata dia, hingga Rabu malam sampai Kamis (16/8) dini hari kendaraan pemudik akan terus mengalami peningkatan, menyusul semakin dekatnya lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1433 Hijriah.

"Petugas sudah disiagakan penuh di sekitar gerbang Tol Cikampek, untuk melakukan pengalihan arus ke jalur tengah agar kendaraan yang menuju jalur Pantura tidak melintasi Simpang Jomin," kata dia.

Pada jalur tengah itu sendiri, katanya, para pemudik akan melintasi Sadang-Kalijati-Subang-Cikamurang. Dengan begitu, kendaraan pemudik tidak melintasi Simpang Jomin yang sangat rawan macet, karena terjadi pertemuan arus serta terjadi penyempitan jalan.

Berdasar pantauan, kendaraan yang keluar dari gerbang Tol Cikampek didominasi kendaraan pribadi. Sedangkan kendaraan truk yang melintas sudah mulai berkurang. Sedangkan antrean di dalam gerbang Tol Cikampek menuju pintu pembayaran tiket mencapai sekitar 500-600 meter.

Terpopuler