Jumat 24 Aug 2012 10:15 WIB

Presiden SBY: "Jangan Lalai, Sesuatu Bisa Terjadi"

Rep: Esthi Maharani/ Red: Dewi Mardiani
  Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).
Foto: Haji Abror Rizki/Rumgapres
Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Dalam sambutan singkatnya menjelang rapat kabinet terbatas di Istana Bogor, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), menegaskan pertemuan terfokus pada upaya pemerintah untuk mengelola perkonomian nasional pada 2013 dan 2014. Ia kembali mengingatkan kondisi perekonomian dunia terutama Eropa yang belum pulih dan masih dalam masa resesi.

"Saat ini baik pada global, regional bahwa dunia kembali berada dalam resesi. Harus ada peran pemerintah yang terukur, konstruktif agar ekonomi suatu negara bisa dikelola. Paling tidak meminimalkan dampak dari resesi," katanya, Jumat (24/8).

Presiden pun mengharapkan ekonomi tahun depan dan satu tahun setelahnya bisa dikelola secara penuh dan intensif. Lebih dari itu, jangan sampai lalai karena merasa sudah tumbuh di atas 6 persen. "Kalau kita pikir seperti itu, bisa lengah dan lalai. Segala sesuatu bisa terjadi," katanya.

Karena itu pula, ia menyatakan ingin memprioritaskan enam sasaran untuk dua tahun ke depan. Yakni, pertumbuhan, penciptaan lapangan pekerjaan, stabilitas harga, mengurangi kemiskinan, ketahanan pangan, dan ketahanan energi.