Selasa 11 Sep 2012 23:52 WIB

Dialog Pertahanan Korsel-AS Bahas Nuklir Korut

Peluncuran Roket Korut pada 2009 lalu.
Foto: AFP
Peluncuran Roket Korut pada 2009 lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL - Korea Selatan dan Amerika Serikat mencanangkan untuk mengadakan putaran kedua pembicaraan pertahanan ditujukan untuk mengkoordinasikan kebijakan terhadap Republik Demokratik Rakyat Korea (Korea Utara), kata Kementerian Pertahanan di Seoul, Selasa (11/9).

Para sekutu juga diharapkan untuk menilai ancaman-ancaman yang ditimbulkan oleh program nuklir Korea Utara dan senjata pemusnah massal serta strategi pencegahan bersama mereka dalam Dialog Koordinasi Pertahanan Korea Selatan-AS (KIDD), yang dibuka di Seoul Rabu, kata kementerian tersebut.

Dua hari perundingan juga akan melibatkan pembahasan-pembahasan tentang rencana pengalihan kendali operasional perang dari Washington kepada Seoul dan kerja sama bilateral mengenai tantangan keamanan dunia maya dan pengembangan ruang.

KIDD berfungsi sebagai saluran dialog tingkat tinggi untuk menyelaraskan dan mengawasi perundingan pertahanan antara berbagai anggota sekutu, termasuk Prakarsa Kebijakan Keamanan (SPI) dan Komite Kebijakan Perluasan Pencegahan (EDPC).

Hasil dari pembicaraan akan diumumkan dalam Pertemuan Konsultasi Keamanan ke-44 pada Oktober.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement