Kamis 13 Sep 2012 23:18 WIB

Korban Banjir dan Kolera di Nigeria Capai 161 Orang

Rep: Umi Lailatul/ Red: Hazliansyah
Banjir (ilustrasi)
Foto: Antara Foto
Banjir (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, NIGERIA -- Korban banjir di bagian timur Niger terus bertambah. Hingga kini, sedikitnya 161 orang dilaporkan tewas akibat banjir dan kolera.

Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) melaporkan, banjir di Nigeria telah menewaskan 81 orang sejak Juli dan sedikitnya 80 orang tewas akibat wabah kolera sejak awal tahun.

''Hingga Selasa, (11/9), jumlah pengungsi mencapai 527.471 orang dan 81 orang tewas akibat banjir,'' kata OCHA. Sementara itu, jumlah orang yang terserang kolera sebanyak 3854 orang yang tersebar di empat tempat di Nigeria.

 

Hujan lebat dan banjir juga telah menewaskan 18 orang dan membuat lebih dari 21 ribu orang kehilangan tempat tinggal di Burkina Faso, Nigeria. Para pengungsi terpaksa tinggal di tempat penampungan darurat di sekolah-sekolah dan masjid.

Sebelumnya, sebuah bendungan di wilayah negara tetangga, Kamerun, jebol hingga menyebabkan banjir di Sungai Benue di Niger. Sungai Benue adalah anak sungai utama Niger yang mengalir dari Kamerun ke Nigeria.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement