Jumat 21 Sep 2012 11:45 WIB

Biografi Epik Spielberg, Lincoln, Putar Perdana 8 November

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Lincoln, film terbaru garapan Steven Spielberg.
Foto: American Film Institute (API)
Lincoln, film terbaru garapan Steven Spielberg.

REPUBLIKA.CO.ID, Karya terkini Steven Spielberg, Lincoln, bakal rilis serentak di bioskop-bioskop pada 16 November. Saat tanggal itu diumumkan, di mana dan kapan pemutaran perdana dilakukan masih jadi tanya.

Kamis lalu jawaban diungkapkan. Menurut keterangan pers yang diterbitkan pada Kamis (20/9), seperti dilansir cinemablend.com film biografi epik (biopik) yang dibintangi Daniel Day-Lewis itu akan menggelar primer di Teater Cina Grauman, Los Angeles pada 8 November nanti, sebagai penutup festival Institut Film Amerika (AFI).

Ini adalah tahun kedua di mana judul besutan Spielberg dipilih sebagai nomor terakhir festival tersebut. Pada ajang yan sama tahun lalu,"The Adventures of Tintin: The Secret of the Unicron" juga dimainkan pertama kali di depan publik pada penutupan.

Lincoln, diperankan Daniel Day Lewis, presiden Amerika Serikat ke-16 adalah pusat dari film biopik dengan latar Perang Sipil Amerika Serikat. Kisah utama film ini menuturkan upaya presiden menghapuskan perbudakan. Penulis skenario yang pernah menulis untuk film lain Spielberg, Munich, Tony Kushner, mengadaptasi dari bagian buku Doris Kearns Goodwin, "Team of Rivals: The Political Genius of Abraham Lincoln."