Jumat 28 Sep 2012 19:46 WIB

Talenta Bermusik Orang Maluku Dikagumi Wamen Parekraf

Red: Djibril Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, AMBON -- Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamen Parekraf) Sapta Nirwandar menyatakan kekagumannya akan talenta bermusik orang Maluku. "Tidak rugi saya berkunjung ke Ambon karena saya dapat menyaksikan dan merasakan sendiri talenta bermusik orang Ambon dan Maluku," katanya di Ambon, Jumat (28/9).

Kekaguman Wamen Sapta Nirwandar itu disampaikan setelah menyaksikan rangkaian pembukaan 'Pesta Teluk Ambon' yang dimeriahkan dengan tarian, musik tradisional maupun kualitas vokal generasi muda di Ambon, serta menyaksikan konser tunggal suling bambu oleh grup 'Molucca Bambowind Orchestra' di Taman Budaya Ambon, Kamis (27/9).

Sapta Nirwandar mengakui, sudah mengunjungi hampir semua daerah di Indonesia, tetapi baru pernah merasakan kualitas bermusik di masyarakat yang begitu kuat dan merata. "Semua orang Ambon pandai bernyanyi. Kualitas vokal dan suaranya juga tidak kalah dengan penyanyi berkualitas internasional," katanya.

Dia mencontohkan di daerah lain, termasuk di Jakarta untuk membentuk sebuah kelompok paduan suara membutuhkan hampir 100 orang, tetapi ternyata di Ambon, hanya dengan 10 hingga 40 orang saja sudah bisa terbentuk tim paduan suara berkualitas dan mampu menghibur banyak orang.