Kamis 04 Oct 2012 13:22 WIB

Rep: Satya Festiani/ Red: Sadly Rachman

Ada Garuda dan Kanguru di Batik Favorit Dubes Australia

REPUBLIKA.CO.ID, Beberapa hari lalu tepatnya, Selasa (2/10), Indonesia merayakan Hari Batik Nasional. Pada momentum tersebut, Republika Online (www.republika.co.id) berkesempatan bertemu beberapa duta besar untuk Indonesia. Salah satu diantaranya duta besar Australia untuk Indonesia, Greg Moriarty.

Dalam kesempatan tersebut, Republika Online menanyakan beberapa hal terkait batik. Berikut kutipan bincang bersama duta besar Australia untuk Indonesia, dengan reporter Republika Online, Satya Festiani.

Bagaimana pendapat anda tentang batik? Batik adalah salah satu kebudayaan Indonesia yang sangat besar yang telah diperkenalkan pada dunia. Saya sangat bangga bisa mempromosikan batik pada dunia.


Kapan anda pertama kali mengenal batik? Ketika saya kuliah, saya melihat orang Indonesia memakai batik.
Koleksi anda sepertinya cukup banyak.

Dimana anda biasa membeli batik? Jika saya travel ke beberapa daerah di Indonesia, saya senang membeli batik. Ketika ke Yogyakarta beberapa waktu lalu, saya juga membeli beberapa kain batik. Sekarang biasanya saya membeli batik dari toko-toko di Jakarta dan dari beberapa orang yang mengoleksi kain batik antik.


Berapa potong batikkah yang anda miliki? Greg: saya punya sekitar 15 lebih kemeja batik
Sara: saya punya 5-6 rok dan 30an selendang.


Corak batik apakah yang anda sukai? Greg: saya suka yang saya pakai saat ini. Batik ini bercorak rereng. ini didesain oleh salah satu desainer berbakat Indonesia, Oscar Lawalata.
Sara: saya suka corak geometrik dan rereng. saya juga suka batik yang bercorak bunga dan burung yang dinamakan lunglungan.


Apakah anda pernah belajar membatik? Sara: saya pernah mencoba walaupun gagal. ketika itu saya mengunjungi museum tekstil dan mencoba membuat batik memakai canting. Dengan belajar batik, saya jadi mengetahui sulitnya membuat desain batik dan mewarnai kain menggunakan canting karena cantingnya panas.
Greg: bolehkah saya menunjukan salah satu batik koleksi saya? kain batik ini dibuat oleh Iwan Tirta, salah satu desainer batik Indonesia. ini adalah batik terakhir yang ia buat sebelum ia meninggal. Batik ini sangat unik dan indah. Dalam batik ini terdapat gambar garuda Indonesia dan kanguru Australia. Garudanya sedang memegang keris, senjata khas Indonesia, dan womara, senjata khas suku aborigin. Batik ini simbol hubungan Indonesia dan Australia.


Anda sepertinya mengetahui banyak tentang batik. Darimana anda belajar batik? Saya belajar batik dari teman-teman Indonesia. Saya bertanya mengenai corak yang saya suka. selain itu, saya juga belajar dari istri saya yang sangat tertarik pada batik.


Di hari batik ini saya ingin mengucapkan 'Selamat Hari Batik Nasional' pada Indonesia.