Jumat 12 Oct 2012 12:01 WIB

Marinir Inggris Ditahan atas Kasus Pembunuhan di Afghanistan

Tentara Inggris di Aghanistan
Foto: telegraph.co.uk
Tentara Inggris di Aghanistan

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW--Tujuh Marinir Kerajaan Inggris telah ditangkap atas tuduhan pembunuhan dalam satu insiden di Afghanistan pada tahun 2011, kata BBC mengutip Kementerian Pertahanan Inggris. Penangkapan tentara Inggris  atas tuduhan tersebut itu diyakin yang pertama kali.

"Penyelidikan sekarang akan dilakukan dan ditangani oleh sistem layanan peradilan. Penangkapan ini menunjukkan kebulatan tekad Departemen dan Angkatan Bersenjata Inggris untuk memastikan personel Inggris bertindak sesuai dengan aturan keterlibatan mereka dan standar kami," kata seorang juru bicara kementerian seperti dikutip oleh BBC.

Ia menyatakan tidak pantas untuk membuat komentar lebih lanjut saat penyelidikan sedang berlangsung.

Kementerian Pertahanan mengatakan insiden itu terjadi setelah bentrokan dengan pemberontak dan menambahkan bahwa tidak ada warga sipil yang terlibat.

Aturan keterlibatan bentrokan menetapkan keadaan di mana pasukan Inggris diizinkan untuk melepaskan tembakan, baik ketika langsung menghadapi musuh atau dalam rangka untuk mencegah serangan dalam waktu singkat

Lebih 20 prajurit dari Komando Brigade Tiga yang berpangkalan di Helmand pada tahun 2011, kehilangan nyawa mereka tahun lalu selama melaksanakan tugas musim panas. Dan lebih banyak lagi yang terluka.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement