Rabu 31 Oct 2012 18:40 WIB

Okto-Andik Jadi Bek Sayap

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Yudha Manggala P Putra
Okto Maniani
Okto Maniani

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Oktovianus Maniani langsung mendapatkan porsi latihan khusus pada hari pertamanya bergabung dalam pemusatan latihan timnas. 

Pada latihan timnas hari kedua di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta, Rabu (31/11), Okto langsung dipasang sebagai bek kiri saat timnas menjalani simulasi pertandingan enam lawan enam. 

Okto berduet dengan Andik Vermansyah yang dipasang sebagai bek kanan. Kedua pemain mungil ini, berada dalam tim biru yang berisikan pemain seperti Bambang Pamungkas dan Irfan Bachdim. 

Sementara Elie Aiboy yang pada hari perdana menjadi duet Andik, lebih dulu diistirahatkan. Setelah sekitar 15 menit berselang, Elie kemudian masuk ke dalam tim hijau bersama pemain seperti Diego Michiels, Taufik, dan Cornelius Gedy. 

Jumlah pemain yang hadir pada latihan hari kedua ini masih sama dengan hari pertama, yakni 17 pemain. Sebab, Hamdi Ramdhan yang telah hadir sejak hari pertama, harus absen dikarenakan sakit. 

Pelatih timnas Nil Maizar mengatakan, mulai hari ini dirinya akan fokus pada pematangan strategi dan tekhnik para pemain.  

"Kita akan mulai menggenjot porsi latihan, terutama dalam hal penerapan strategi dan tekhnik bermain. Pertandingan sudah semakin dekat, jadi pola permainan tim harus terus diasah,"ungkap Nil usai memimpin latihan di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (31/10). 

Nil menjelaskan skema gim enam lawan enam merupakan salah satu pola latihan untuk mematangkan strategi bermain. Sebab, pola latihan ini mampu mengasah kemampuan para pemain dalam kerjasama bola-bola pendek. 

Selain itu, jelas Nil, tujuan dengan memainkan gim enam lawan enam adalah untuk meningkatkan kemampuan para pemain dalam mengambil keputusan. 

"Ini penting untuk melatih pemain dalam mengambil keputusan ketika ada pressing dari pemain lawan. Mereka harus tahu bagaimana langkah terbaik yang harus dilakukan ketika ada tekanan dari tim lawan, apakah mengoper bola atau melewati pemain lawan itu," jelas mantan pelatih Semen Padang ini. 

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 7 4 3 0 10 7 15
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 7 3 3 1 9 5 12
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement