Kamis 08 Nov 2012 11:46 WIB

2013, Alfamart akan beroperasi di Sumatera

Red: Djibril Muhammad
Gerai Alfamart
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Gerai Alfamart

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- PT Sumber Alfaria Trijaya (Tbk) akan membuka ratusan gerai minimarket Alfamart di sejumlah wilayah di Sumatra yang akan direalisasikan tahun 2013 secara bertahap. "Dimulai dari Sumatra Utara, dan beberapa wilayah di Sumatra lainnya khususnya Pekanbaru, Riau," kata Senior Corp Manager PT Sumber Alfaria Trijaya, Choirullah, di Pekanbaru, Kamis (8/11).

Untuk tahun ini, demikian Choirullah, pihaknya juga akan merealisasikan untuk membuka minimal 800 gerai baru, dimana tercatat hingga Mei 2012, perusahaan sudah merealisasikan pembukaan 347 gerai Alfamart baru dengan investasi sebesar Rp 800 juta per gerai.

Pada 2012 ini, kata dia, ekspansi pembukaan gerai-gerai minimarket Alfamart dikonsentrasikan pada dua wilayah, yaitu Jember (Jawa Timur) dan Bogor (Jawa Barat), dimana perusahaan akan membangun dua distribution center. Untuk diawal tahun depan, katanya, baru di mulai untuk Pulau Sumatra, diawali dengan Kota Medan, Sumatra Utara yang juga akan memiliki distributor center.

Untuk target penjualan, demikian Choirullah, rata-rata atau minimal satu gerai Alfamart harus memeropeh Rp 10 juta per hari. "Tetapi itu sangat bervariasi, ada yang kurang dari itu ada yang jauh lebih tinggi, bergantung lokasi. Untuk di Sumatra, kami mengharapakan akan lebih baik," katanya.

Dengan demikian, total gerai hingga Mei 2012 berjumlah 6.697 yang tersebar di sejumlah kota di Indonesia. Dari sejumlah gerai tersebut, kata dia, sebanyak 88 persen diantaranya berada di Pulau Jawa dan 12 persen saja yang berada di luar Jawa. Meski demikian, lanjut dia, lokasi ekspansi Alfamart baru akan terus menyebar ke sejumlah wilayah di luar Pulau Jawa.

Sementara untuk yang telah terealisasi, kata dia, yaitu berada di Bali dimana Alfamart telah membuka sebanyak 130 gerai, Lampung (300 gerai), Palembang (lebih dari 400 gerai), dan Makassar (165 gerai).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement