Selasa 13 Nov 2012 21:27 WIB

Menlu Arab-Eropa Bertemu, Bahas Palestina dan Suriah

Red: Yudha Manggala P Putra
Bendera Palestina
Bendera Palestina

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Menteri luar negeri Arab dan Eropa, Selasa (13/11), bertemu di Markas Liga Arab, yang berpusat di Ibu Kota Mesir, Kairo, guna membahas perkembangan paling akhir di Suriah dan masalah Palestina.

Sekretaris Jenderal Liga Arab Nabil Al-Arabi kembali mengatakan badan pan-Arab itu menyambut baik Koalisi Nasional Suriah bagi Oposisi dan Kekuatan Revolusioner, yang baru dibentuk.

Ia juga mendesak semua negara Eropa agar mendukung upaya Palestina untuk memperoleh status negara pengamat di PBB, dan menggaris-bawahi keinginan Liga Arab "untuk mendorong kerja sama Arab-Eropa".

Kebanyakan menteri luar negeri Arab, bersama dengan lebih dari 17 menteri luar negeri Eropa, menghadiri pertemuan tersebut, demikian laporan Xinhua. 

Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Catherine Ashton dan Wakil  Khusus Gabungan PBB-Liga Arab untuk Suriah Lakhdar Brahimi juga menghadiri pertemuan tersebut.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Lebanon Adnan Mansour mengatakan seluruh dunia mesti bekerjasama untuk menyelesaikan krisis Suriah dan mewujudkan perdamaian dan keamanan di Suriah serta seluruh wilayah tersebut.

Pada Senin (12/11), Liga Arab mengakui Koalisi Nasional Suriah bagi Oposisi dan Kekuatan Revolusioner --yang baru dibentuk-- sebagai "wakil aspirasi rakyat Suriah".

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاَعِدُّوْا لَهُمْ مَّا اسْتَطَعْتُمْ مِّنْ قُوَّةٍ وَّمِنْ رِّبَاطِ الْخَيْلِ تُرْهِبُوْنَ بِهٖ عَدُوَّ اللّٰهِ وَعَدُوَّكُمْ وَاٰخَرِيْنَ مِنْ دُوْنِهِمْۚ لَا تَعْلَمُوْنَهُمْۚ اَللّٰهُ يَعْلَمُهُمْۗ وَمَا تُنْفِقُوْا مِنْ شَيْءٍ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ يُوَفَّ اِلَيْكُمْ وَاَنْتُمْ لَا تُظْلَمُوْنَ
Dan persiapkanlah dengan segala kemampuan untuk menghadapi mereka dengan kekuatan yang kamu miliki dan dari pasukan berkuda yang dapat menggentarkan musuh Allah, musuhmu dan orang-orang selain mereka yang kamu tidak mengetahuinya; tetapi Allah mengetahuinya. Apa saja yang kamu infakkan di jalan Allah niscaya akan dibalas dengan cukup kepadamu dan kamu tidak akan dizalimi (dirugikan).

(QS. Al-Anfal ayat 60)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement