Selasa 04 Dec 2012 06:09 WIB

Junsu JYJ: Hanya Psy yang Bisa Pecahkan Rekornya Sendiri

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Hazliansyah
Junsu JYJ
Junsu JYJ

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Park Jae Sang alias Psy berhasil mencapai posisi 'Billboard Top 10' di Amerika Serikat. Ini merupakan prestasi luar biasa dimana seorang musisi Asia bisa menempatkan diri di papan atas industri musik Amerika. Apalagi, lagu tersebut adalah lagu berbahasa Korea.

Personel JYJ, Xia Junsu, mengapresiasi prestasi penari kuda tersebut.

"Secara realistis, aku pikir sulit bagi penyanyi Korea lainnya memecahkan rekor Psy. Hanya Psy sendiri yang bisa memecahkan rekornya," kata Junsu, dikutip dari Soompi, Selasa (4/12).

Junsu mengatakan musik itu tak sama dengan bola dimana pemainnya bisa menyimpan dan mendapatkan nilai golnya dengan jelas. Ketika Junsu mengatakan tujuannya terjun ke industri musik adalah meningkatkan apresiasi dunia terhadap K-Pop, maka nilainya sulit dinyatakan dalam angka.Sama halnya dengan pertama kali Junsu menyaksikan 'Gangnam Style.'

Junsu mempunyai pengalaman unik manakala dia menanyakan pengetahuan seorang aktor Amerika tentang Korea. Ia mengaku terkejut lantaran aktor itu menunjukkan video klip Psy di ponselnya.

"Ini menunjukkan orang-orang di dunia bisa mengenal Korea dari Gangnam Style," kata Junsu.

Penyanyi bersuara tinggi ini merupakan mantan personel DBSK. Setelah keluar dan membentuk grup baru bernama JYJ, popularitas Junsu telah meluas ke Jepang, dan ke seluruh dunia, termasuk Amerika Utara dan Amerika Selatan.

Mei 2012, Junsu merilis alum solo 'Xia' dan tampil di Asia, Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Eropa. Pada 30 Desember mendatang, Junsu akan menyelesaikan konser tur dunianya tahun ini di Oberhausen, Jerman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement