Jumat 07 Dec 2012 17:24 WIB

Persediaan Beras Cukup Hingga Panen

Rep: Meiliani Fauziah/ Red: A.Syalaby Ichsan
Petani memenan beras ketan
Foto: antara
Petani memenan beras ketan

REPUBLIKA.CO.ID,Jakarta ---- Persediaan beras masih mencukupi untuk memenuhi kebutuhan hingga masa panen tiba di bulan Februari. Kemarau panjang dinilai tidak akan mempengaruhi hasil panen secara signifikan karena saluran irigasi masih banyak.

Petani masih bisa menanam walaupun musim tidak stabil. "Dibandingkan internasional, petani kita makmur," ujar Mentri Pertanian Suswono di Kementrian Pertanian, Jumat  (07/12). 

Operasi pasar yang dilakukan pemerintah menurut Sekretaris Koperasi Pasar Beras Induk Cipinang, Nellys Soekidi masih diperlukan untuk mengerem tingkat kenaikan harga beras yang tinggi.

Persediaan beras memang masih cukup mengingat bulan Februari mendatang kembali tiba musim panen.  Namun,  Mentan kehawatir bahwa  operasi pasar akan  mendorong petani menimbun produksi beras. Terlebih harga beras sekarang sedang tinggi karena kualitas panen tahun ini bagus.

"Perawatan kan butuh biaya, operasi pasar akan menguras stok," ujar Suswono. 

Petani juga dihimbau untuk melakukan optimalisasi lahan. Dibandingkan Brazil dan Amerika, lahan pertanian kita menurut dia masih sedikit. "Produktivitas pasti ada batasnya," katanya. 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement