Rabu 12 Dec 2012 23:31 WIB

Pele: Saya Lebih Hebat dari Messi

Red: Karta Raharja Ucu
Pele
Pele

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Legenda sepak bola Brasil, Pele menilai pencapaian megabintang Barcelona, Lionel Messi yang melewati rekor gol dalam satu tahun kalender, terlalu dibesar-besarkan.

Messi kini memang sedang dihujani pujian, menyusul lesakkan 86 golnya dalam satu tahun untuk Barcelona dan Timnas Spanyol. Jumlah itu melampaui rekor yang sebelumnya dipegang legenda sepakbola Jerman, Gerd Muller dengan 85 gol pada 1972.

Pele menilai media terlalu mengagungkan Messi. Semua yang diraih Messi, menurut Pele hanya sekedar statistik. Sehingga tidak seharusnya menghebohkan dunia.

Rekor Muller dan Messi, masih kata Pele, tercipta pada era yang berbeda. Sehingga menurutnya Messi tidak bisa disejajaran dengan Muller.

"Statistik gol semacam ini hanya menimbulkan kontroversi. Tak mungkin kita bisa membandingkan sepakbola dari dua era yang berbeda," kata Pele.

Dalam kesempatan itu, Pele menyebut ia masih merasa lebih hebat dari Messi. Ia merujuk kepada kemampuan Messi di udara yang sangat minim.

"Lihat saja kemampuan Messi di udara. Saya jauh lebih efektif dari dia. Messi bukan pemain yang komplet," sindir Pele.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement