Selasa 18 Dec 2012 10:02 WIB

Laga Pamungkas Masa Keemasan Barcelona

Rep: Umi Lailatul/ Red: Heri Ruslan
Para pemain Barcelona merayakan gol yang dicetak Jordi Alba pada laga melawan Celta Vigo di Camp Nou, Ahad (4/11) dini hari. Barcelona menang 3-1 pada partai tersebut.
Foto: AP Photo/Manu Fernandez
Para pemain Barcelona merayakan gol yang dicetak Jordi Alba pada laga melawan Celta Vigo di Camp Nou, Ahad (4/11) dini hari. Barcelona menang 3-1 pada partai tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Sejarah sepak bola dunia mencatatkan Barcelona sebagai klub paling superior sejagad di 2009.

Klub asal Kota Catalunya tersebut menutup penghujung 2009 dengan goresan prestasi paling fenomenal. Tiga tahun lalu atau tepatnya Sabtu, 19 Desember 2009, digelar final perebutan Piala Antar Klub di Zayed Sports City, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Pertandingan tersebut merupakan laga pamungkas di masa keemasan Barcelona. El Barca berhasil menjuarai Piala Dunia Antarklub setelah menundukkan Estudiantes dengan skor 2-1.

Kemenangan tersebut merupakan tebusan atas kegagalan El Barca di ajang yang sama pada 1992 dan 2006.

Barcelona tampil sebagai tim unggulan dalam laga tersebut. Meski begitu, di awal babak pertama, Barcelona sempat kebobolan oleh gol dari pemain Estudiantes Mauro Boselli di menit ke-37.

Messi dkk akhirnya berhasil menyamakan kedudukan 1-1 berkat tendangan dari Pedro di menit ke-89. Gol penentu kemenangan Barcelona diciptakan oleh striker andalannya Messi di babak perpanjangan waktu.

Kehebatan Barcelona tak cukup sampai di situ. Sebelumnya, Barcelona sudah meraih lima trofi di tahun yang sama yakni La Liga, Piala Raja Sanyol Copa del Rey, Piala Super Spanyol, Piala Super Eropa, Liga Champions Eropa.

Hebatnya lagi, di tahun yang sama, pemain Barcelona Lionell Messi juga terpilih sebagai FIFA Player of The Year. Dengan raihan itu, tim yang bermarkas di Nou Camp ini tercatat dalam sejarah sebagai klub pertama yang menjuarai enam kompetisi dalam satu musim.

Klasemen La Liga Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement