Selasa 18 Dec 2012 14:45 WIB

Di AS, Alquran Diterjemahkan ke Bahasa Isyarat (2-habis)

Rep: Afriza Hanifa/ Red: Chairul Akhmad
Kampanye Alquran bahasa isyarat di Amerika.
Foto: examiner.com
Kampanye Alquran bahasa isyarat di Amerika.

REPUBLIKA.CO.ID, ASL merupakan bahasa visual yang tak hanya menggabungkan gerak tubuh, tapi juga ekspresi postur tubuh dan wajah.

Dalam waktu dekat, DVD Alquran dalam bahasa isyarat akan disebarkan ke seluruh dunia.

"DVD Alquran dengan bahasa isyarat akan dibagikan secara gratis untuk seluruh penyandang tunarungu di seluruh dunia. Video juga akan tersedia di internet melalui laman GDM," kata Davi Braker dalam editorial halaman web Examiner.

Bahasa isyarat terbukti tak menghilangkan keindahan bacaan Alquran. ''Keindahan setiap ayat sangat terlihat,'' ujar Braker yang merupakan seorang mualaf.

Untuk menerjemahkan Alquran ke dalam bahasa isyarat, GDM mengeluarkan dana tidak sedikit. Untuk satu surah saja, GDM merogoh kocek sekitar 1.350 dolar AS atau sekitar Rp 10 juta. 

Jika dikalkulasi, maka GDM membutuhkan lebih dari Rp 1,1 miliar untuk memproduksi  terjemahan dari 114 surah Alquran. Donasi dari berbagai pihak pun menjadi sumber pendanaan utama GDM, mengingat organisasi ini  bersifat nonprofit.

Meski bukan negara dengan mayoritas penduduk Muslim, AS menjadi rumah bagi sekitar delapan juta Muslim. Sebanyak 28,8 juta warga AS merupakan penyandang tunarungu.

Sementara GDM merupakan satu-satunya organisasi di AS yang bergerak dalam penyediaan sarana bagi para penyandang cacat dan orang-orang berkebutuhan khusus. Organisasi resmi di AS ini baru berdiri pada 2005 lalu.

"Ini (alih bahasa Alquran ke bahasa isyarat) akan menjadi akses pertama mereka (para tunarungu) untuk mendapatkan pesan-pesan dari Alquran,'' kata Braker.

Untuk memanfaatkan program tersebut, GDM meminta organisasi-organisasi Muslim untuk menyediakan fasilitas interpreter ASL di setiap masjid dan acara-acara keislaman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement