Jumat 28 Dec 2012 22:30 WIB

BPOM Serukan Konsumen Waspadai 48 Jenis Kosmetik Berbahaya

Red: Didi Purwadi
Kosmetik (ilustrasi)
Kosmetik (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BENGKULU -- Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Bengkulu memperingatkan warga di daerah itu agar mewaspadai dan melaporkan 48 jenis komestik mengandung bahan berbahaya yang beredar di pasar.

"Kami tidak hanya mengimbau tapi juga mengajak masyarakat untuk ikut berperan aktif melaporkan ke BPOM jika masih ada jenis bahan kosmetik berbahaya yang beredar di pasar," kata Kepala Badan POM Provinsi Bengkulu, Zulkifli, di Bengkulu, Jumat.

BPOM telah menerbitkan peringatan kepada masyarakat tentang 48 kosmetik yang mengandung bahan berbahaya tersebut.

Khusus di Bengkulu, kata dia, BPOM juga akan turun ke lapangan memantau apakah bahan kosmetik tersebut masih diperdagangkan.

"Kami akan menurunkan tim ke berbagai toko dan pusat perbelanjaan untuk mengawasi apakah masih ada yang memperdagangkan jenis kosmetik yang ditetapkan berbahaya," tambahnya.

Dari 48 jenis kosmetik berbahaya tersebut, kata Zulkifli, sebanyak 20 merek atau item di antaranya mengandung merkuri seperti produk DR whitening treatment night cream, Lie Che day cream, Lie Che whitening soap, Lien Hua night cream, Lien Hua day cream, walet krim, pemutih dokter.

Selanjutnya, spesial UV whitening, spesial pearl cream super, pemutih sejuta bintang, racikan walet putih, night cream SJ Sin Jung, day cream SJ UV White Sin Jung, vitamin pemutih kecantikan, Klip 80'S night cream, Klip 80'S day cream, Vayala nightly cream, Vayala daily cream dan Vayala sabun transparan.

Sedangkan, kosmetik mengandung bahan dilarang yakni hidrokinon dan tanpa izin edar terdapat enam jenis yakni SBM-2 cream, SB-2 cream, SBM-1 cream, SB-3 cream dan SL-2 cream.

Kemudian bahan kosmetik mengandung perwarna dilarang dan izin edarnya telah dibatalkan terdapat 22 jenis antara lain just miss up color lipstik no.41, feves color cream 0.43 phoenix red, feves color cream 5.36 golden cupprum, pond's beauty care make up lispstick colorful eye shadow two way cake.

Selanjutnya, izuoca eye shadow two way cake with pearl nutrient Vit B3 dan UV protection, Tailame 3 in 1 two way cake dan blusher 3 two way cake no.A12.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement