Ahad 30 Dec 2012 05:47 WIB

Ini 10 Tips Hilangkan Stres Saat Liburan (2-Habis)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Abdullah Sammy
Stop Stres
Foto: treatpanicanxiety.com
Stop Stres

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Perjalanan selama liburan bersama keluarga, tak jarang, juga bisa membuat frustasi dan stress. Terutama, ketika seluruh keluarga terdengar begitu ramai dan heboh.

Banyak orang yang lupa bahwa stres memiliki dampak negatif pada kesehatan. Jadi, sangat penting bagi anda untuk menjaga stres anda tak timbul selama anda berlibur. Bagaimana agar liburan bersama keluarga tak mendatangkan stres? Ini tipsnya, dikutip dari SyimptomFind, Ahad (30/12)

6. Siapkan berbagai hiburan untuk anak

"Apakah kita sudah sampai?" Pertanyaan demikian mungkin sering anda dengar terlontar dari putra putri anda, setidaknya dua hingga tiga kali di dalam mobil.

Jika anda mendengarnya, maka itu adalah indikasi anak anda sudah mulai bosan. Anak-anak biasanya memiliki rentang perhatian dan tingkat toleransi yang rendah untuk melakukan perjalanan jauh.

Anda sebaiknya memastikan mengemasi banyak alternatif dan item hiburan untuk anak-anak anda jika ingin berjalan jauh. Misalnya buku, video gim tangan, dan musik. Ini bisa memberikan jam-jam menyenangkan untuk anak-anak anda jika terjebak dalam perjalanan panjang.

7. Bawa penghilang stres

Anda juga perlu mengemasi beberapa hiburan untuk penghilang stres. Bukan hanya anak-anak, orang dewasa juga bisa stres. Banyak cara untuk menghilangkan stres, seperti dalam visualisasi pernapasan dan relaksasi otot. Sehingga, jika anda tegang, maka perasaan anda akan menjadi damai.

Jika anda merasa kondisi anda buruk, maka ada baiknya anda berhenti sejenak di jalan atau menginap.

8. Jangan lupa makan

Terkadang, karena gembiranya di dalam perjalanan anda mungkin lupa akan rasa lapar. Sebaiknya, anda tetap makan makanan yang tepat, dan bergizi sebelum bepergian. Ini untuk memastikan kadar gula darah anda tetap stabil dan seimbang.

9. Ambil perawatan kesehatan anda

Tak ada yang lebih buruk dari membatalkan atau menunda perjalanan anda hanya karena anda pilek atau flu. Ada baiknya anda mengonsumsi vitamin dan obat yang diperlukan untuk menjamin anda tetap sehat sepanjang perjalanan anda. Jika perlu, anda mendapatkan vaksinasi sebelum bepergian.

10. Tenang dan berpikiran positif

Stres dapat membuat anda merasa tertekan dan lelah. Ini bisa menyebabkan penambahan berat badan, masalah tidur, masalah pencernaan, dan banyak lagi.

Stres itu dimulai dari pikiran. Sehingga, ada baiknya anda menjaga mood anda sebelum bepergian liburan. Semakin banyak anda berpikiran berat sebelum bepergian, maka ini bisa berdampak jangka panjang.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَعْلَمُ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَا يَكُوْنُ مِنْ نَّجْوٰى ثَلٰثَةٍ اِلَّا هُوَ رَابِعُهُمْ وَلَا خَمْسَةٍ اِلَّا هُوَ سَادِسُهُمْ وَلَآ اَدْنٰى مِنْ ذٰلِكَ وَلَآ اَكْثَرَ اِلَّا هُوَ مَعَهُمْ اَيْنَ مَا كَانُوْاۚ ثُمَّ يُنَبِّئُهُمْ بِمَا عَمِلُوْا يَوْمَ الْقِيٰمَةِۗ اِنَّ اللّٰهَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمٌ
Tidakkah engkau perhatikan, bahwa Allah mengetahui apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi? Tidak ada pembicaraan rahasia antara tiga orang, melainkan Dialah yang keempatnya. Dan tidak ada lima orang, melainkan Dialah yang keenamnya. Dan tidak ada yang kurang dari itu atau lebih banyak, melainkan Dia pasti ada bersama mereka di mana pun mereka berada. Kemudian Dia akan memberitakan kepada mereka pada hari Kiamat apa yang telah mereka kerjakan. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

(QS. Al-Mujadalah ayat 7)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement