Senin 14 Jan 2013 07:49 WIB

Jalan Nasional Bengkulu-Sumsel Rawan Ambles ke Sungai

Red: Didi Purwadi
Sejumlah warga membantu pengendara sepeda motor yang terjebak saat melewati timbunan tanah longsor yang menutupi jalan raya.
Foto: Antara/Anis Efizudin
Sejumlah warga membantu pengendara sepeda motor yang terjebak saat melewati timbunan tanah longsor yang menutupi jalan raya.

REPUBLIKA.CO.ID, BENGKULU -- Jalan nasional menghubungkan Kota Manna (Bengkulu Selatan)-Tanjung Sakti (Sumatera Selatan) hingga saat ini rawan longsor sehingga diperlukan perbaikan dengan teknologi tinggi. Demikian kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bengkulu Selatan, Ramlan Saim, Senin.

"Pada musim penghujan saat ini, ada puluhan titik badan jalan terancam ambles ke sungai disamping tanah longsor menimbun badan jalan nasional tersebut," katanya di Bengkulu, Senin.

Ia mengatakan para pengguna jalan selalu mengharapkan Dinas PU setempat meningkatkan perbaikan fisik jalan tersebut. Padahal, jalan itu wewenang Balai Bina Marga wilayah Sumsel dan sudah beberapa tahun terakhir dilakukan peningkatan.

"Kami hanya bisa menyediakan alat berat bila terjadi longsor dan timbunan tanah menimpa badan jalan,'' katanya. ''Namun bila terjadi badan jalan ambles, itu akan dibuat tanggap darurat."