Selasa 15 Jan 2013 12:23 WIB

Sukoharjo Siaga Tamiflu di 12 Area Rawan Flu Burung

Rep: Edi Setiyoko/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Tamiflu
Foto: CBC.CA
Tamiflu

REPUBLIKA.CO.ID, SUKOHARJO -- Mengantisipasi penyebaran virus Flu Burung atau H5N1, Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo menyiapkan tablet Tamiflu di 12 Puskesmas. Obat tersebut disediakan di masing-masing Puskesmas sebagai langkah awal menangani jika ditemukan kasus Flu Burung atau Avian Influenza (AI).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo dr Guntur Subiyantoro, Selasa (15/1), mengatakan, obat Tamiflu merupakan bantuan dari pemerintah pusat. Stok obat Tamiflu tersebut, selalu tersedia di Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo.

''Stok Tamiflu selalu tersedia di DKK. Kita juga distribusikan di 12 Puskesmas sebagai antisipasi''.

Selain persediaan Tamiflu, DKK juga menggandeng Dinas Pertanian untuk rutin melakukan pemantauan dan penyemprotan disinfektan terhadap unggas di Sukoharjo dalam mencegah pengidapan Flu Burung atau virus H5N1.

Menurut dr Guntur, seluruh wilayah Sukoharjo berpotensi terjangkit virus Flu Burung. Dari 12 kecamatan yang paling besar resiko terjangkit Flu Burung adalah wilayah Kecamatan Polokarto, Kecamatan Mojolaban, Kecamatan Gatak dan Kecamatan Kartasura. Keempat kecamatan itu yang notabenenya memiliki tempat peternakan unggas sentral.

Seperti diketahui, paska ditemukan ribuan itik mati di Desa Bugel, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo dalam dua minggu terakhir, petugas dari UPTD (Unit Pelayanan Teknis Daerah) Pos Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Sukoharjo langsung mengambil sampel darah itik yang mati untuk di uji di laboratorium.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
قَدْ كَانَتْ لَكُمْ اُسْوَةٌ حَسَنَةٌ فِيْٓ اِبْرٰهِيْمَ وَالَّذِيْنَ مَعَهٗۚ اِذْ قَالُوْا لِقَوْمِهِمْ اِنَّا بُرَءٰۤؤُا مِنْكُمْ وَمِمَّا تَعْبُدُوْنَ مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۖ كَفَرْنَا بِكُمْ وَبَدَا بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمُ الْعَدَاوَةُ وَالْبَغْضَاۤءُ اَبَدًا حَتّٰى تُؤْمِنُوْا بِاللّٰهِ وَحْدَهٗٓ اِلَّا قَوْلَ اِبْرٰهِيْمَ لِاَبِيْهِ لَاَسْتَغْفِرَنَّ لَكَ وَمَآ اَمْلِكُ لَكَ مِنَ اللّٰهِ مِنْ شَيْءٍۗ رَبَّنَا عَلَيْكَ تَوَكَّلْنَا وَاِلَيْكَ اَنَبْنَا وَاِلَيْكَ الْمَصِيْرُ
Sungguh, telah ada suri teladan yang baik bagimu pada Ibrahim dan orang-orang yang bersama dengannya, ketika mereka berkata kepada kaumnya, “Sesungguhnya kami berlepas diri dari kamu dan dari apa yang kamu sembah selain Allah, kami mengingkari (kekafiran)mu dan telah nyata antara kami dan kamu ada permusuhan dan kebencian untuk selama-lamanya sampai kamu beriman kepada Allah saja,” kecuali perkataan Ibrahim kepada ayahnya, ”Sungguh, aku akan memohonkan ampunan bagimu, namun aku sama sekali tidak dapat menolak (siksaan) Allah terhadapmu.” (Ibrahim berkata), “Ya Tuhan kami, hanya kepada Engkau kami bertawakal dan hanya kepada Engkau kami bertobat dan hanya kepada Engkaulah kami kembali,

(QS. Al-Mumtahanah ayat 4)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement