REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pejabat Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) meminta Operator telekomunikasi untuk menjaga kualitas layanan mereka terkait cuaca ekstrim terutama banjir di ibu kota Jakarta.
"Kami minta ada jaminan dari operator agar komunikasi tetap lancar terkait musibah banjir ini," kata Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemenkominfo, Gatot S. Dewa Broto, di Jakarta, Kamis (17/1).
Gatot Dewa Broto mengatakan, saat ini masyarakat di ibu kota Jakarta khususnya sedang dalam kondisi panik akibat musibah banjir sehingga kualitas layanan telekomunikasi harus diupayakan tetap baik. Kebutuhan terhadap layanan telekomunikasi, kata dia, menjadi sangat vital dalam kondisi cuaca ekstrem.
"Saat ini masyarakat sedang panik, jangan sampai karena banjir, kualitas layanan jadi buruk. Ini akan semakin mengganggu," katanya.
Gatot berpesan agar operator telekomunikasi mengamankan instalasi vital mereka khususnya untuk sarana dalam bentuk bangunan fisik. Ia meminta agar operator memastikan instalasi vitalnya tetap berfungsi dan memiliki back up saat ada instalasi yang tidak berfungsi lantaran terdampak banjir. "Mereka harus melakukan antisipasi yang tepat," katanya.
Pihaknya juga meminta layanan call center dari operator telekomunukasi tetap beroperasi melayani pelanggan dengan baik. "Saya tetap yakin mereka sudah memiliki prosedur tetap untuk menghadapi hal ini. Mereka sudah memiliki pengalaman dalam menghadapi bencana," demikian Gatot S. Dewa Broto.