Senin 21 Jan 2013 16:50 WIB

Berhutang, Indosat Pertimbangkan Jual Menara

Rep: Friska Yolanda/ Red: Dewi Mardiani
Indosat
Indosat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Indosat Tbk tengah mempertimbangkan penjualan menara komunikasi perseroan untuk pelunasan hutang perusahaan. Penjualan menara menjadi satu dari beberapa opsi yang dimiliki emiten berkode ISAT tersebut.

Director and Chief Financial Officer Indosat, Stefan Carlsson, mengungkapkan hutang perseroan saat ini mencapai Rp 4 triliun. Perseroan tengah melakukan kajian untuk pelunasan hutang, termasuk opsi penjualan menara.

"Kami ingin melihat mana yang terbaik dan paling menguntungkan dari sisi harga," ujar Carlsson usai Public Expose Indosat di Jakarta, Senin (21/1). Saat ini menara milik Indosat berada di kisaran 7.000 menara.

Perseroan mengaku saat ini sudah banyak yang berminat untuk membeli menara milik indosat. Hanya saja perseroan belum memutuskan untuk menjual atau mencari cara lain untuk pembayaran hutang.

Perseroan berencana melunasi hutan sebesar Rp 4 triliun. Sebesar Rp 2,68 triliun dibayarkan dalam bentuk dolar AS. Sisanya dibayarkan dalam mata uang rupiah. Hutang ini jatuh tempo pada Juni 2013.

Perseroan juga berencana untuk melakukan penerbitan obligasi dalam rangka refinancing. Opsi lain yang juga sedang dikaji adalah dengan menjual saham PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG).

Terkait saham TBIG Direktur Utama Indosat Alexander Rusli mengatakan sedang mempertimbangkan pilihan tersebut. Saat ini Indosat memiliki lima persen saham TBIG. "Kami sedang lakukan valuasi karena harganya terus naik," ujar Alex.

Perseroan telah menganggarkan dana belanja modal sebesar 800 juta dolar AS untuk tahun 2013. Belanja tersebut disisihkan untuk pengembangan dan ekspansi usaha perseroan.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَلَقَدْ جِئْتُمُوْنَا فُرَادٰى كَمَا خَلَقْنٰكُمْ اَوَّلَ مَرَّةٍ وَّتَرَكْتُمْ مَّا خَوَّلْنٰكُمْ وَرَاۤءَ ظُهُوْرِكُمْۚ وَمَا نَرٰى مَعَكُمْ شُفَعَاۤءَكُمُ الَّذِيْنَ زَعَمْتُمْ اَنَّهُمْ فِيْكُمْ شُرَكٰۤؤُا ۗ لَقَدْ تَّقَطَّعَ بَيْنَكُمْ وَضَلَّ عَنْكُمْ مَّا كُنْتُمْ تَزْعُمُوْنَ ࣖ
Dan kamu benar-benar datang sendiri-sendiri kepada Kami sebagaimana Kami ciptakan kamu pada mulanya, dan apa yang telah Kami karuniakan kepadamu, kamu tinggalkan di belakangmu (di dunia). Kami tidak melihat pemberi syafaat (pertolongan) besertamu yang kamu anggap bahwa mereka itu sekutu-sekutu (bagi Allah). Sungguh, telah terputuslah (semua pertalian) antara kamu dan telah lenyap dari kamu apa yang dahulu kamu sangka (sebagai sekutu Allah).

(QS. Al-An'am ayat 94)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement