Selasa 22 Jan 2013 23:55 WIB

Irak Bebaskan 888 Tahanan

Peta Irak.
Foto: kenraggio.com
Peta Irak.

REPUBLIKA.CO.ID,BAGHDAD -- Pihak berwenang Irak, Selasa (22/1), menyatakan telah membebaskan 888 tahanan dalam dua pekan untuk meredakan unjuk rasa di daerah-daerah negara itu.

Unjuk-unjuk rasa terjadi saat satu krisis politik antara Perdana Menteri Nuri al-Maliki dengan beberapa mitra pemerintahnya persis beberapa bulan menjelang pemilu di provinsi-provinsi.

Para pemrotes menentang apa yang mereka sebut eksploitasi undang-undang anti-teror oleh pihak berwenang yang ditargetkan pada masyarakat minoritas dan menuntut pembebasan para tahanan yang menurut mereka ditahan secara tidak benar.

Wakil Perdana Menteri Hussein al-Shahristani dalam jumpa wartawan di Baghdad Selasa (22/1) mengatakan 888 tahanan telah dibebaskan sejak 7 Januari, dengan 1.041 tahanan akan dibebaskan dengan jaminan. Ia berjanji pembebasan itu akan dilanjutkan tiap hari.

Shahrustani mengatakan prioritas akan diberikan kepada para tahanan wanita apabila mereka memberikan uang jaminan.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اٰمِنُوْا بِاللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْ نَزَّلَ عَلٰى رَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ مِنْ قَبْلُ ۗوَمَنْ يَّكْفُرْ بِاللّٰهِ وَمَلٰۤىِٕكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلٰلًا ۢ بَعِيْدًا
Wahai orang-orang yang beriman! Tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya (Muhammad) dan kepada Kitab (Al-Qur'an) yang diturunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang diturunkan sebelumnya. Barangsiapa ingkar kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sungguh, orang itu telah tersesat sangat jauh.

(QS. An-Nisa' ayat 136)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement