Kamis 31 Jan 2013 09:13 WIB

BNI Raih Anugerah Tata Kelola Bank Terbaik

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Hazliansyah
BNI
Foto: ,
BNI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hasil jajak pendapat independen yang dilaksanakan majalah Asiamoney mengakui PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI sebagai bank terbaik di Indonesia. Bank BNI berhasil membangun tata kelola bank yang baik berdasarkan good corporate governance (GCG).

Implementasi prinsip GCG yaitu transparansi, akuntabilitas, independensi, kewajaran, dan pertanggungjawaban. Ini merupakan salah satu penilaian utama kesehatan bank yang saat ini ditekankan oleh Bank Indonesia (BI).

Pengakuan Asiamoney tersebut secara resmi ditandai dengan pemberian anugerah Indonesia Best Overall Corporate Governance secara langsung kepada Direktur Utama BNI Gatot M Suwondo di Jakarta, Rabu (30/1). Penghargaan ini merupakan hasil dari Corporate Governance Poll 2012 kedelapan yang dilaksanakan Asiamoney.

Jajak pendapat khusus GCG ini dilakukan Asiamoney karena mereka menilai ada kebutuhan untuk terus transparan dan melakukan pengawasan berlapis oleh manajemen bank dalam menghadapi ketidakpastian ekonomi global.

Dalam Corporate Governance Poll 2012 ini, Asiamoney menyediakan lima kategori penghargaan, yaitu Indonesia Best Overall Corporate Governance, Indonesia Best for Disclosure & Transparency, Indonesia Best for Investor Relations, Indonesia Best for Shareholder's Right and Equitable Treatment, serta Indonesia Best for Responsibilities and Ethical Behaviour of Management And The  Board of Director.

"BNI mendapatkan posisi terbaik pada kelima anugerah itu," kata Direktur Utama Gatot M Suwondo di Jakarta, Rabu (30/1). Dalam jajak pendapat ini, Asiamoney mengirimkan kuesioner kepada para CEO, CIO (Chief Information Officer), serta para eksekutif dari fund management serta perusahaan hedge fund  di Asia Pasifik.  Mereka menerima respon dari 135 responden dari 92 institusi berbeda.

Para responden diminta untuk memilih dua perusahaan terbaik di Asia, tidak termasuk Jepang, untuk empat indikator. Di antaranya indikator Disclosure & Transparency, Shareholder's Right & Equitable Treatment, Responsibilities and Ethical Behaviour of Management And The  Board of Director, serta indikator Investor Relations.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement