Sabtu 09 Feb 2013 12:30 WIB

Billboard Tahbiskan Bos Universal Orang Terkuat Industri Musik

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Lucian Grainge, Bos Universal Music Group
Foto: AP PHOTO
Lucian Grainge, Bos Universal Music Group

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES--Pemimpin Universal Music Group, Lucian Grainge, mengalahkan pemilik X Factor, Simon Cowell dan juga manajer bintang pop remaja, Justin Bieber sebagai orang paling berpengaruh dalam industri musik.

Pengakuan itu terlihat dalam daftar yang dirilis oleh Majalah Billboard, Jumat. Daftar tahunan yang muncul kali kedua itu juga meninggalkan bintang sekaligus raja musik rap, Jay-Z berikut istrinya Beyonce dan grup rock asal Irlandia, U2 yang masuk dalam daftar "Power 100" tahun lalu.

Billboard menempatkan Grainge tepat di puncat karena langkah akuisisi Universal Music Group atas EMI paa September tahun lalu senilai 1,9 milyar dolar AS. Ekspansi bisnis agresif itu belumt termasuk pembelian terhadap Warner Music di AS senilai 762 miliar dolar.

Majalah musik itu menyebut si eksekutif sebagai sosok 'advokat tak kenal lelah dalam bisnis musik,". Ia mengambil alih posisi Irving Azoff, mantan bos penjualan tike dan perusahaan promotor konser, Live Nation. Tahun lalu Grainge berada di posisi ke-3.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement