Sabtu 09 Feb 2013 14:41 WIB

Hatta: Kewirausahaan Penting untuk Membangun Bangsa

Rep: Lingga Permesti/ Red: Djibril Muhammad
Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Negara yang mampu berinovasi adalah negara yang menang. Inovasi tersebut digalakkan baik dalam hal sumber daya manusia maupun teknologi. Dengan inovasi, negara dapat meningkatkan pembangunan ekonomi bangsa. 

Salah satu inovasi adalah kewirausahaan. Hal ini dikemukakan Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa saat menjadi pembicara kunci di 'ITB Entrepreneurship Challenge 2013', di Sabuga, Bandung, Sabtu (9/1).

"Kewirausahaan adalah pilar utama meningkatkan kualitas kegiatan ekonomi. Jika tidak ada hal ini, inovasi tidak akan berjalan. Kewirausahaan penting untuk membangun bangsa," kata Hatta di depan ratusan mahasiswa dan tamu undangan.

Hatta menyebutkan, penelitian Unpad pada 2009 menyimpulkan, kewirausahaan juga merupakan solusi maraknya terorisme, instabilitas politik, mendukung tumbuhnya toleransi dan memperluas jaringan komunikasi antar peradaban. Tentunya, kata Hatta, solusi ini tak akan tercapai jika entrepreneur di Indonesia hanya 1,4 persen jumlahnya.