Selasa 12 Feb 2013 21:33 WIB

PSSI Laporkan Perkembangan Penyelesaian Dualisme ke AFC

Red: Didi Purwadi
Halim Mahfudz (tengah)
Foto: Antara/Yudhi Mahatma
Halim Mahfudz (tengah)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PSSI pimpinan Djohar Arifin Husin telah melaporkan perkembangan penyelesaian polemik persepakbolaan nasional ke Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). Laporan tersebut selanjutnya dibahas pada rapat anggota AFC pada Rabu (13/2).

Sekjen PSSI, Halim Mahfudz, mengatakan laporan yang dikirimkan ke AFC berisikan empat item. Keempat poin tersebut sesuai keputusan Kongres Palangkaraya termasuk mengakomodasi hasil nota kesepahaman (MoU) Kuala Lumpur.

"Kemarin, Senin (11/2) sudah saya kirim. Kami memberikan penjelasan secara detail mengenai kondisi terakhir masalah yang terjadi," kata Halim.

Halim mengatakan keempat item yang dilaporkan meliputi masalah revisi statuta, pengembalian empat anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI tanpa syarat (La Nyalla Mattalitti, Erwin Dwi Budiawan, Roberto Rouw dan Tony Aprilani), penggabungan liga hingga masalah pemilih (voters) Solo.

Terkait pemanggilan empat anggota Exco, pihaknya telah memanggil tanpa syarat pada rapat 28 Januari lalu. Hanya saja keempat Exco yang sebelumnya mendapatkan sanksi dari Komite Etik tidak memenuhi undangan.

"Untuk penyatuan liga, kami memberikan kesempatan pada klub (ISL) untuk mendaftar ulang, Tapi, semuanya tidak dilakukan. Makanya, kami memberikan sanksi," katanya menambahkan.

Untuk masalah kongres dengan voters Solo, Halim menegaskan telah melakukan verifikasi ulang. Berdasarkan hasil verifikasi, data yang dimiliki oleh Komite Penyelamat Sepak Bola Indonesia (KPSI) tidak valid.

"Saat ini tinggal menunggu perkembangan dari AFC. Yang jelas kami telah mengirimkan laporan sebelum batas yang diberikan pada Rabu (13/2)," kata Halim.

Indonesia hingga kini terus mendapatkan sorotan dari AFC maupun FIFA terkait polemik yang berkepanjangan. Itu terutama dualisme federasi dan dualisme kompetisi.

Indonesia terancam mendapatkan sanksi tegas berupa pembekuan. Masa depan persepakbolaan nasional akan ditentukan dalam rapat Exco FIFA pada 20 Maret mendatang.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 7 4 3 0 10 7 15
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 7 3 3 1 9 5 12
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement