Rabu 13 Feb 2013 07:21 WIB

Banjir Rendam Lima Desa di Wonosari

Rep: Edy Setiyoko/ Red: Dewi Mardiani
Sawah kebanjiran
Foto: Imam Budi Utomo/Republika
Sawah kebanjiran

REPUBLIKA.CO.ID, KLATEN -- Hujan deras mengguyur di Kabupaten wilayah sisi Utara menyebabkan banjir. Sedikitnya lima desa di Kecamatan Wonosari, sejak Selasa (12/2) sore hingga larut malam, terencam banjir.

Hasil pantauan semalam, ratusan warga berbondong-bondong terpaksa mengungsi ke tempat lebih aman. Rombongan massa diangkut kendaraan roda empat bak terbuka, da yang boncengan motor, sebagian cukup jalan kaki.

Sedikitnya ada sekitar lima desa di Kecamatan Wonosari yang terendam banjir. Di antaranya, Desa Bentangan, Desa Bulan, Desa Kingkang, Desa Gunting dan Desa Bener. Luapan air dari Sungai Bentangan dan anak sungai yang melintasi desa-desa tersebut, membuat banjir masuk ke perkampungan hingga menggenangi rumah penduduk. Bahkan, ketinggian rendaman banjir ada yang mencapai 1,5 meter.

Pada tengah malam, sebagian warga yang mengungsi sudah kembali ke rumahnya menyusul banjir mulai surut. Sebagian warga lain, masih berada di tempat pengungsian daerah aman. ''Kemungkinan mereka kembali kalau hari sudah mulai fajar,'' kata Kentung Parwito, relawan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Klaten.