Selasa 19 Feb 2013 20:29 WIB

Tentara AS akan Terlibat di Perang Mali

Rep: Nur Aini/ Red: Dewi Mardiani
Senator AS, Christopher Coons berdiskusi dengan Komandan Militer Mali Mayjen Abdulkadir di Pangkalan Udara Mali, di Bamako.
Foto: Reuters
Senator AS, Christopher Coons berdiskusi dengan Komandan Militer Mali Mayjen Abdulkadir di Pangkalan Udara Mali, di Bamako.

REPUBLIKA.CO.ID, BAMAKO -- Senator Amerika Serikat mengatakan militer setempat akan terlibat lebih aktif dalam perang Mali. Sebelumnya, Prancis telah mengintervensi militer Mali dengan dalih menyingkirkan pihak militan.

"Ada harapan Amerika Serikat akan memberi dukungan tambahan, tapi hukum Amerika melarang bantuan langsung kepada militer Mali menyusul adanya kudeta," ungkap Senator Christopher Coon dilansir PressTV, Selasa (19/2).

Setelah ada pemulihan demokrasi, ungkap dia, Amerika Serikat kemungkinan dapat memberi dukungan langsung pada militer Mali.

Delegasi empat anggota senat AS bertemu dengan pejabat militer Prancis dan militer Mali di Bamako. Amerika telah menyediakan intelijen, transportasi, dan pengisian bahan bakar untuk Prancis sejak intervensi militer di Mali bulan lalu. Namun, hukum AS melarang bantuan langsung kepada angkatan bersenjata Mali karena adanya kudeta militer tahun lalu.