Rabu 20 Feb 2013 18:02 WIB

Tiga Pimpinan KPK Diperiksa Terkait Bocornya Sprindik Anas

Rep: Bilal Ramadhan/ Red: Karta Raharja Ucu
Sprindik tersangka Anas beredar di wartawan
Foto: Republika/Bilal Ramadhan
Sprindik tersangka Anas beredar di wartawan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua KPK, Busyro Muqoddas mengatana para pimpinan KPK sudah diperiksa Komite Etik terkait bocornya draf surat perintah penyidik (sprindik) atas nama Anas Urbaningrum.

“Sudah ada beberapa orang pimpinan yang dimintai keterangan, semuanya 10 orang, termasuk tiga orang pimpinan,” ungkap juru bicara KPK, Johan Budi SP dalam jumpa pers di kantor KPK, Jakarta, Rabu (20/2).

Namun Johan Budi membantah jika pimpinan KPK telah membentuk Komite Etik untuk mengusut adanya pimpinan yang melakukan pembocoran draf sprindik tersebut. Menurutnya saat ini tim yang dipimpin Deputi Pengawas Internal dan Pengaduan Masyarakat (PIPM) dalam melakukan validasi keaslian dokumen draf sprindik.

Setelah tim menyimpulkan keaslian dokumennya, baru akan disampaikan kepada pimpinan KPK dan akan dicari siapa yang membocorkannya. Jika dari level staf maka akan dibentuk Dewan Pertimbangan Pegawai dan jika dari level pimpinan maka akan dibentuk Komite Etik.

Komite Etik ini, ia melanjutkan, akan melibatkan pihak luar atau eksternal KPK. Namun menurutnya saat ini, baru sampai tahap penyampaian hasil tim dari Deputi PIPM dalam menentukan keaslian dokumen itu. “Investigas sudah selesai dan akan disampaikan kepada pimpinan nanti malam,” tegasnya.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اِلَيْهِ مَرْجِعُكُمْ جَمِيْعًاۗ وَعْدَ اللّٰهِ حَقًّاۗ اِنَّهٗ يَبْدَؤُا الْخَلْقَ ثُمَّ يُعِيْدُهٗ لِيَجْزِيَ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ بِالْقِسْطِۗ وَالَّذِيْنَ كَفَرُوْا لَهُمْ شَرَابٌ مِّنْ حَمِيْمٍ وَّعَذَابٌ اَلِيْمٌ ۢبِمَا كَانُوْا يَكْفُرُوْنَ
Hanya kepada-Nya kamu semua akan kembali. Itu merupakan janji Allah yang benar dan pasti. Sesungguhnya Dialah yang memulai penciptaan makhluk kemudian mengulanginya (menghidupkannya kembali setelah berbangkit), agar Dia memberi balasan kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan dengan adil. Sedangkan untuk orang-orang kafir (disediakan) minuman air yang mendidih dan siksaan yang pedih karena kekafiran mereka.

(QS. Yunus ayat 4)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement