Ahad 03 Mar 2013 14:40 WIB

Ini Jurus Roy Suryo untuk Selamatkan PSSI

Red: Heri Ruslan
Menpora Roy Suryo (kiri)
Foto: Antara
Menpora Roy Suryo (kiri)

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo akan berusaha merangkul anggota Komite Eksekutif (Executive Committee/Exco) yang belum sejalan terkait dengan penyelesaikan polemik persepakbolaan.

"Komunikasi terus kami lakukan. Saya berharap orang yang belum sepakat segera bersatu," kata Roy Suryo di sela pertemuan dengan KONI dan OKP di Semarang, Jawa Tengah, Ahad.

Anggota Exco PSSI hingga saat ini belum satu suara dalam menyiapkan pelaksanaan Kongres PSSI di Jakarta, 17 Maret mendatang. Bahkan, anggota yang berjumlah 11 orang ini terpecah dalam menyikapi hal itu.

Kelompok pertama dipimpin oleh Ketua Umum PSSI Djohar Arifin Husin yang didukung oleh Mawardi Nurdin serta empat anggota yang baru saja kembali, yaitu La Nyalla Mattalitti, Roberto Rouw, Erwin Dwi Budiawan, dan Tony Aprilani.

Anggota Exco yang kurang sejalan dengan enam anggota itu adalah Bob Hippy dan Sihar Sitorus yang didukung oleh mantan Sekjen PSSI Halim Mahfudz, sedangkan tiga anggota lainnya, yaitu Farid Rahman, Tuty Dau, dan Widodo Santoso belum buka suara.

"Empat Exco yang sebelumnya terkena sanksi sudah gabung. Maka, harus didukung demi perbaikan sepak bola Indonesia. Kita semua pengen timnas kuat," kata pengganti Andi Mallarangeng itu.

Ditanya rencana mantan Sekjen PSSI Halim Mahfudz yang akan menggelat Kongres PSSI di Bandung, 17 Maret nanti, politikus dari Partai Demokrat itu menanggapinya dengan dingin dan tidak memberikan dukungan.

"Pak Halim supaya mengalir saja. Ikuti proses yang saat ini berjalan. Saya berharap mereka berpikir satu demi kemajuan sepak bola Indonesia," kata lulusan Fisipol UGM itu.

Dukungan pemerintah dalam hal ini Kemenpora dalam membantu penyelesaian sepak bola Indonesia tidak tanggung-tanggung. Setelah mendapatkan lampu hijau dari FIFA, Kemenpora langsung membentuk Satgas Normalisasi.

Satgas yang melibatkan tokoh-tokoh olahraga serta perwakilan dari Kemenpora. Salah satu tugas satgas ini adalah mengawal proses pelaksaaan kongres, verifikasi voters atau pemilik suara, hingga Kongres PSSI tuntas.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 7 4 3 0 10 7 15
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 7 3 3 1 9 5 12
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاِذْ اَسَرَّ النَّبِيُّ اِلٰى بَعْضِ اَزْوَاجِهٖ حَدِيْثًاۚ فَلَمَّا نَبَّاَتْ بِهٖ وَاَظْهَرَهُ اللّٰهُ عَلَيْهِ عَرَّفَ بَعْضَهٗ وَاَعْرَضَ عَنْۢ بَعْضٍۚ فَلَمَّا نَبَّاَهَا بِهٖ قَالَتْ مَنْ اَنْۢبَاَكَ هٰذَاۗ قَالَ نَبَّاَنِيَ الْعَلِيْمُ الْخَبِيْرُ
Dan ingatlah ketika secara rahasia Nabi membicarakan suatu peristiwa kepada salah seorang istrinya (Hafsah). Lalu dia menceritakan peristiwa itu (kepada Aisyah) dan Allah memberitahukan peristiwa itu kepadanya (Nabi), lalu (Nabi) memberitahukan (kepada Hafsah) sebagian dan menyembunyikan sebagian yang lain. Maka ketika dia (Nabi) memberitahukan pembicaraan itu kepadanya (Hafsah), dia bertanya, “Siapa yang telah memberitahukan hal ini kepadamu?” Nabi menjawab, “Yang memberitahukan kepadaku adalah Allah Yang Maha Mengetahui, Mahateliti.”

(QS. At-Tahrim ayat 3)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement